Anggaran Terbatas, Pembangunan Irigasi Terhambat

Sabtu, 20 Oktober 2012 - 11:10:25 - Dibaca: 2489 kali

Google Plus Stumbleupon


IRIGASI: Karena anggaran terbatas, maka di beberapa kecamatan di Tanjab Timur, mengalamai keterhambatan dalam soal irigasi.
IRIGASI: Karena anggaran terbatas, maka di beberapa kecamatan di Tanjab Timur, mengalamai keterhambatan dalam soal irigasi. / Jambi Ekspres Online

MUARASABAK - Akibat anggaran tahun 2012 ini terbatas. Dampaknya ikut terhambatnya pembangunan saluran dirigasi dibeberapa kecamatan di Kabupaten Tanjab Timur. Karena itu, pada tahun 2013 Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tanjab Timur, kembali akan mengajukan kembali pembangunan irigasi agar lahan pertanian warga menjadi subur dan praktis akan meningkatkan pendapatan warga. ‘’Tahun 2013 nanti kami akan fokus mengembangkan (irigasi, red) di lahan pertanian. Sementara untuk di areal perkebunan sebagian,’’ kata Kadis PU Tanjab Timur, Mahmulis, melalui pelaksana tugas (plt) Kabid Pengairan, Dedy Novrianika, kemarin.

            Dikatakannya, saat ini dokumen yang diajukan oleh pihaknya sedang dalam tahap pengkajian (evaluasi) oleh Bapedda Tanjab Timur, untuk diserahkan kepada DPRD Tanjab Timur. ‘’Untuk tahun 2013 irigasi di lahan pertanian masyarakat sangat mendesak, guna meningkatkan pendapatan petani,’’ jelasnya.

            Ditambahkannya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Tanjab Timur, lancarnya pengairan irigasi salah satu faktor penunjang penghasilan masyarakat tersebut, terutama pada bidang pertanian. ‘’Kami tidak bisa berbuat banyak. Karena untuk mewujudkan semua itu, tergantung dana yang dimiliki,’’ ungkapnya.

            Selain itu, lanjutnya, untuk saluran primer dan sekunder terdapat di kecamatan, desa maupun kelurahan, yang sangat membutuhkan perawatan, tahun 2013 pihaknya akan segera mengatasinya, ‘’Mudah-mudahan apa yang kami rencanakan disetujui oleh pihak DPRD,’’ harapnya.

            Pembangunan irigasi di lahan pertanian ini, menurutnya, sudah berkoordinasi dengan bidang pertanian. ‘’Kami harus saling bahu-membahu, guna terwujudnya semua program di Tanjab Timu,’’ bebernya.

(yos)