Pemkab Siapkan Kampung Siaga Bencana

Sabtu, 20 Oktober 2012 - 11:11:01 - Dibaca: 2165 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARASABAK - Sekda Tanjab Timur, Darminto, mengatakan beberapa permasalahan bencana rutin tahunan yang terjadi di Kabupaten Tanjab Timur. Akhirnya Pemkab Tanjab Timur pun mempersiapkan kampung siaga bencana, sebagai antisipasi sebelum terjadinya bencana. ‘’Saat ini baru kami persiapkan kampung siaga bencana di Kecamatan Dendang,’’ ujarnya.

            Setelah itu, lanjutnya, kampung siaga bencana akan dipersiapkan diseluruh kecamatan di Tanjab Timur. Sehingga masyarakat mengetahui apa-apa saja yang mesti dilakukan sebelum terjadinya bencana. ‘’Kami akan persiapkan tim pelatih bencana di kampung siaga bencana dari provinsi dan dari pusat,’’ terangnya.

            Pelatih itu, sebut Sekda akan mengajarkan masyarakat disetiap desa teknik maupun tata cara penanggulangan bila terjadi bencana. ‘’Seperti bencana menghadapi kebakaran maupun ketika menghadai banjir,’’ bebernya.

            Disinggung antisipasi banjir, karena saat ini telah memasuki musim penghujan, Sekda menjelaskan, selain telah dipersiapkan kampung siaga bencana, pemkab juga telah melakukan pembersihan di parit-parit. ‘’Kami melancarkan saluran air. Sehingga sampah-sampah yang ada tidak menyumbat air,’’ terangnya.

            Mengenai lokasi yang selama ini menjadi langganan banjir,  Sekda mengatakan Kecamatan Berbak dalah daerah rutin banjir tahunan di Tanjab Timur. ‘’Tepatnya dilokasi Desa Simpang dengan Desa Rawasari, sebagai dua daerah langganan banjir setiap tahunnya,’’ tandasnya.

(yos)