Warga Minang Merangin Gelar Silaturahim

Selasa, 23 Oktober 2012 - 11:01:01 - Dibaca: 2807 kali

Google Plus Stumbleupon


FOTO BERSAMA: Bupati Merangin, Darmawel (Kejari, red), Dandim, Kapolres, dan seluruh panitia foto bersama.(MUNASDI/JE)
FOTO BERSAMA: Bupati Merangin, Darmawel (Kejari, red), Dandim, Kapolres, dan seluruh panitia foto bersama.(MUNASDI/JE) / Jambi Ekspres Online

Semalam Basamo Kesenian Minang Merangin

MERANGIN- Ribuan warga Minang Merangin , Pada Sabtu (21/10) lalu melakukan acara semalam basomo kesenian Minang yang bertempat di Biduak Amo, Ujung Tanjung, Bangko. Dalam acara itu, hadir langsung Bupati Merangin H. Nalim, Bupati Damasraya, Adi Gunawan, wakil Bupati Pesisir Selatan, Perwakilan dari Pemkab Tanah Datar, Pemkab Kota Solok, Kota Madya Padang, Pemkab Padang Pariaman, Pemkab Lima Puluh Koto, serta Ketua DRPD Kota Solok.

Bukan itu saja, dalam kesempatan itu, juga hadir Bupati Kabupaten Sarolangun, H Cek Endra Dan Bupati Bungo, H Sudirman Zaini beserta isteri. Lalu juga hadir, tokoh masyarakat Merangin, tokoh Adat Merangin dan juga Minang.

Malam kesenian warga Minang tersebut dimeriahkan dengan penampilan tari-tarian, lagu, kesenian khas Minang dan di meriahkan oleh Artis Ibu Kota Indonesian Iadol Rey dan Penyanyi Kocak Nedi Gempo, An Roi Grup dan kesenian lainnya. Dengan gaya khasnya, artis minang tersebut menggoncang kabupaten Merangin Hingga semalam suntuk.

Dalam sambutanya, ketua panitia pelaksana acara Ikatan Keluarga Minang (IKM) Merangin, Darmawel Azhar, yang juga Kepala Kejari Bangko, mengatakan, kehadiran Bupati dan perwakilan Bupati dari Sumatera Barat perlu diapresiasi. “Bupati Merangin, H Nalim yang selama ini telah mengayomi Masyarakat Minang di Merangin, memang ninik mamak orang Minang. Walau di antara kesibukannya sebagai Bupati Merangin, namun H Nalim  masih menyempatkan waktu untuk menghadiri undangan warga Minang,” kata Darmawel.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, warga Minang taat kepada petuah orangtua. Salah satu petuah tersebut adalah ‘dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung’. Petuah ini memiliki makna bahwa warga Minang menjunjung tinggi kearifan lokal, dan mendukung program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten merangin.

 ‘’Meskipun demikian kita tetap berada pada koridor yang ada yakni diman bumi dipijak disitu langit di junjuang. Selain itu keluarga minang menjunjung tinggi kearifan lokal,besenergi dengan pemerintah dalam membangun Merangin kedepan,” ungkapnya.

Sementara itu perwakilan dari Bupati Se-Sumatera Barat yang di samapaikan oleh Bupati Damasraya, Ir H Adi Gunawan, MT  dalam sambutannya, mengaku, bangga dan terharu atas penyambutan warga Minang di Merangin. ‘’Mari bersama-sama kita membangun Kabupaten Merangin,bersama-sama mengedepankan pembangunan untuk kepentingan masyarakat, tanpa melupakan jati diri sebagai warga Minang dan ragam suku lainnya, dalam mewujudkan Merangin Makmur 2013, serta melanjutkan Merangin Makmur 2013,” harapnya.

Bupati Merangin H Nalim, mengajak warga Minang  Merangin untuk berbuat dan berkontribusi nyata bagi Kabupaten Merangin. Meningkatkan kebersamaan, gotong-royong, dan persatuan di antara masyarakat. Tidak mudah terpengaruh dengan isu yang dapat memecah belah persatuan antar warga.

‘’Kedepannya saya berharap, masukan dan kebersamaan dalam membangun merangin,meskipun selama ini kita sudah selangkah dalam memajukan kabupaten merangin yang tercinta ini,”ujarnya. 

(bjg/adv)