2013, 1000 MCK Dibuat

Selasa, 23 Oktober 2012 - 11:03:49 - Dibaca: 763 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SAROLANGUN- Untuk menjaga kebersihan disepanjang sungai Tembesi, sungai Batang Asai dan sungai Limun, tahun 2013 Pemerintah daerah (Pemda) Sarolangun merencanakan membangun 1000 unit MCK (mandi, cuci dan kakus, red).

Hal ini diungkapkan Firdaus, SE, Kabid Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Sarolangun. Menurut Firdaus, program pembangunan seratus MCK ini akan melibatkan beberapa dinas atau istansi terkait seperti dinas kesehatan, BLHD, PU, Bapeda dan Distaksiman.

“Kalau rencana kita sampai tahun 2016 mendatang, akan membangun 1000 unit MCK, namun untuk tahap awal atau ditahun 2013 nanti kita akan bangun sekitar seratus unit dulu,” kata Firdaus.

Diterangkan Firdaus, dalam pembangunan seratus unit MCK ini akan diprioritaskan daerah aliran sungai terdahulu. Setelah itu baru daerah lain. Karena, berdasarkan pengamatan tim, air sungai tembesi, sungai batang asai dan sungai limun sudah tidak layak lagi dikonsumsi masyarakat.

“Kita harap dengan dibangunnya ratusan MCK ini, tidak ada lagi masyarakat yang mengadakan aktifitas disungai, seperti mencuci, mandi, mengambil air minum, bahkan BAB,” harap Firdaus.

Terkait siapa saja yang bisa menerima bantuan MCK ini, Firdaus mengatakan, bantuan ini akan diberi kepada masyarakat yang belum memiliki sumur atau kamar mandi sendiri. Dan, secara berkelompok, sekitar sepuluh kepala keluarga akan di beri satu unit MCK.

Selain itu, Firdaus juga menjamin dalam program pembangunan Seratus unit MCK ini masyarakat tidak dipungut biaya sepeserpun, yang menjadi beban masyarakat adalah menyediakan lahan. “Masyarakat hanya menyediakan lahan sekitar lima meter persegi, selainnya pemerintah yang membangun mulai dari mebuat sumur sampai dengan pembangunan kamar mandi dan WCnya,” pungkasnya.

(zha)