Serapan Anggaran Dishut dan Dikbudpora Terendah

Selasa, 06 November 2012 - 10:53:50 - Dibaca: 1983 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARA TEBO – Dua Dinas di Pemerintahan Kabupaten Tebo, yakni Dinas Kehutanan (Dishut) dan Dinas Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Dikbudpora) Kabupaten Tebo lemah dalam penyerapan anggaran. Sebab, hingga saat ini, banyak kegiatan yang tak terealisasi. Bahkan, ada yang tak terlaksana sama sekali.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Tebo, Agus Sunaryo. “Saat ini ada dua SKPD di Kabupaten Tebo terbilang paling rendah untuk realisasi penyerapan anggaran. Ini dikarenakan masih banyaknya kegiatan yang belum tuntas di kerjakan bahkan ada juga kegiatan yang tidak terlaksana,” ujarnya.

“Kita tidak tahu pasti apa alasannya kenapa, karena berdasarkan informasi yang kami dapatkan, contohnya seperti anggaran DBH-DR, dari anggaran sebesar  Rp.3.467.845.608, hanya 40% yang direalisasikan oleh Dinas Kehutanan,” tambahnya.

Sedangkan untuk Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Dikbudpora) Kabupaten Tebo, minimnya serapan anggaran, dikarenakan banyak pekerjaan yang belum tuntas dan yang belum terlaksana sama sekali.

“Seperti Dana DAK Ta 2012, terlambat terlaksana karena terkendala petunjuk teknis (juknis) untuk pengerjaan kegiatan tersebut dari Kementrian  Pendidikan Nasional (Kemendiknas),” bebernya.

(fad/adv)