Pelaksanaan FMPDK Ditunda

Rabu, 07 November 2012 - 11:31:28 - Dibaca: 2907 kali

Google Plus Stumbleupon


DITUNDA : Tarian Musik Tauh yang ditampilkan pada FMPDK sebelumnya. Pelaksanaan FMPDK kali ini ditunda hingga 15 November mendatang.(PAHDI/JE)
DITUNDA : Tarian Musik Tauh yang ditampilkan pada FMPDK sebelumnya. Pelaksanaan FMPDK kali ini ditunda hingga 15 November mendatang.(PAHDI/JE) / Jambi Ekspres Online

KERINCI–Pelaksanaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) tahun 2012 ditunda hingga 15 November mendatang.

Pasalnya, pelaksanaan FMPDK yang sudah dijadwalkan pada tanggal 10-12 November, mendadak ditunda setelah Pemkab Kerinci melaksanakan rapat evaluasi terkait persiapan FMPDK di Aula Utama Kantor Bupati Kerinci Selasa (06/11) kemarin.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Poraparbud) Kabupaten Kerinci, Amri Swarta, kepada harian ini kemarin membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, penundaan ini dilakukan, karena Pemkab Kerinci menyesuaikan jadwal pembukaan dengan jadwal Gubernur Jambi.

“Pak Gubernur menyarankan kepada Bupati, agar pembukaan FMPDK dilaksanakan pada tanggal 15 November, karena tanggal 9 hingga 11 November pak Gubernur ada acara diluar daerah. Akhirnya pada rapat tadi siang (kemarin_red) yang dipimpin Bupati dengan seluruh SKPD, diputuskan pembukaan FMPDK ditunda, menyesuaikan dengan jadwal Gubernur,” ujar Amri Swarta.

Karena penundaan jadwal ini, ratusan undangan yang telah diedarkan ke seluruh kabupaten, kota, dan provinsi tetangga, bahkan undangan ke beberapa negara tetangga, terpaksa diralat kembali.

“Penundaan ini tidak menjadi masalah besar bagi panitia, hanya undangan dan beberapa spanduk yang telah dibuat dengan tanggal 10 kita ralat kembali. Kita akan naikkan nota dinasnya ke Bupati, kemudian ralat undangan ini akan di fax ke daerah tetangga,” katanya.

Penundaan jadwal ini juga berakibat terhadap batalnya kehadiran artis Ibukota Hijau Daun dan Nita Thalia. Gagalnya artis Ibu Kota menghibur masyarakat Kabupaten Kerinci di acara FMPDK juga disebabkan oleh lokasi dermaga Danau Kerinci yang tidak mendukung.

“EO PT Matra sudah menghubungi pak Kadis, dia mengatakan bahwa artis Ibukota tidak akan tampil di FMPDK ke XII, itu dikarenakan lokasi pelaksanaan FMPDK yang tidak mendukung, terutama lokasi pentas utamanya dan lokasi arena yang terbilang sempit,” ungkapnya.

“Lokasi pentas terbilang sempit, hal itu didasarkan atas hasil survei yang dilaksanakan pihak sponsor PT MATRA. Mereka beranggapan lokasi tersebut tidak layak untuk penampilan artis ibukota,” sambungnya.

Bupati Kerinci, H.Murasman, usai rapat evaluasi kemarin juga membenarkan penundaan tersebut. 

“Penundaan ini merupakan kesempatan bagi Disporaparbud untuk mematangkan persiapannya, kita mengharapkan pelaksanaan FMPDK bisa berjalan dengan baik dan meriah,” sebutnya.

Dikatakannya, kerjasama dari instansi juga dibutuhkan dalam mensukseskan FMPDK tersebut, tidak hanya dari instansi dilingkup pemerintah Kabupaten Kerinci saja, kerjsama dari instansi lainnya seperti BUMD dan BUMN juga sangat diperlukan.

(hdi)