Kemenag Jambi Gelar KSM tingkat Provinsi Jambi

Rabu, 27 Juli 2016 | 08:36:10 WIB | Dibaca: 2024 Kali

Ratusan siswa saat mengikuti KSM yang digelar Kemenag Provinsi Jambi.

JAMBI-Untuk memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, maka Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jambi menggelar Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tahun 2016 tingkat Provinsi Jambi pada 25-26 Juli 2016 di Hotel Nusa Wijaya.

                Kegiatan ini dibuka Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, Drs. H. Thahir, MHI. Dalam sambutannya Thahir mengatakan, dengan adanya KSM ini terjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai peserta calon ajang KSM tingkat Nasional.

                “Melalui kegiatan ini saya harapkan dapat menghasilkan siswa terbaik disetiap bidang dan menjadi wakil Jambi pada KSM di tingkat Nasional. Kita juga berharap agar wakil Jambi bisa meraih prestasi di tingkat Nasional,” harap mantan Dekan Usuluddin ini kemarin.

                Kabid Pendidikan Madrasah, Drs. H. Abdullah Saman, MPd.I mengatakan, kegiatan ini akan menjadi agenda tahun pihaknya. Bila sebelumnya tidak digelar seleksi secara ketat seperti saat ini, maka mulai tahun 2016 KSM diseleksi secara ketat melalui tes.

                “Kita harapkan dari seleksi ini mendapatkan hasil yang terbaik dan kita bisa mengirim perwakilan ke tingkat Nasional yang terbaik. Harapan kita mereka yang kita kirim bisa mengharumkan nama Jambi di tingkat Nasional,” harap Abdullah Saman kemarin.

                Sementara itu Kasi Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah, Hj. Sumidar, SAg, MPd. I mengatakan,  peserta KSM sebanyak 121 siswa. Mereka terdiri dari 22 siswa MI dengan 2 cabang lomba, 33 siswa MTs dengan 3 cabang lomba dan 66 siswa MA dengan 6 jenjang lomba.

Untuk mata pelajaran yang dilombakan MI yaitu Matematika+Agama Islam dan IPA+Agama Islam. Jenjang MTs yang dilombakan Matematika+Agama Islam, Biologi+Agama Islam dan Fisika+Agama Islam.

Sedangkan untuk jenjang MA yang dilombakan Matematika+Agama Islam, Bilogi + Agama Islam, Fisika +Agama Islam, Kimia+Agama Islam, Ekonomi+Agama Islam dan Geografi+Agama Islam.

“Setiap cabang lomba diwakili 1 siswa setiap jenjang dari kab/kota se-Provinsi Jambi. Pemenangnya akan ikut lomba KSM tingkat Nasional yang akan digelar di Kalbar,” aku Sumidar saat ditemui kemarin.

(kta/adv)