Nanan Kampanyekan Keselamatan Berlalu Lintas

Senin, 15 Oktober 2012 - 10:17:30 - Dibaca: 1722 kali

Google Plus Stumbleupon


KAMPANYE LALU LINTAS : Wakil Kapolri Nanan Sukarna yang melakukan kampenye keselamatan berlalu lintas Sabtu lalu.
KAMPANYE LALU LINTAS : Wakil Kapolri Nanan Sukarna yang melakukan kampenye keselamatan berlalu lintas Sabtu lalu. / Jambi Ekspres Online

PANGANDARAN – Di hadapan ribuan insan otomotif dari berbagai daerah, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Komisaris Jenderal Polisi Nanan Sukarna menyerukan keselamatan berlalu lintas. Dalam perhelatan akbar Jambore Nasional Otomotif 2012 yang digelar di Lapang Katapang Doyong, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat Sabtu (13/10), Nanan mengajak seluruh  bikers untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

“Kalau saya tanya siapa kita, saya minta semuanya menjawab saya pelopor keselamatan berlalu lintas,” ungkap Nanan mengawali sambutannya saat tiba di Lapang Katapang Doyong sekitar pukul 17.00.

Nanan pun mengajak seluruh jajaran pengurus IMI dan pejabat daerah sama-sama mendeklarasikan diri sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas. Selain di atas panggung, seruan tersebut juga disampaikannya saat mengunjungi sejumlah stand club otomotif.

Nanan mengatakan selain sebagai ajang silaturahmi, kampanye program keselamatan berlalu lintas menjadi pokok penting kegiatan Jambore Nasional mengingat saat tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya masih tinggi. “Setiap tahunnya sekitar 35 ribu orang meninggal di jalan raya, karena itu tolong seruan keselamatan berlalu lintas ini terus dilakukan,” tuturnya.

Dikatakannya, mengabaikan keselamatan berlalu lintas hanya akan membuat pengendara tidak nyaman dan memicu kecelakaan. “Bercuma kita berkendara kalau kita sendiri tidak bahagia,” katanya.

Soal menjamurnya club motor diberbagai daerah, Nanan mengatakan hal tersebut dibolehkan sepanjang kegiatannya tidak melanggar aturan hukum. “Silakan club motor berkembang tanpa IMI,” tuturnya.

Kegiatan Jambore Nasional Otomotif 2012 sendiri berlangsung meriah. iring-iringan kendaraan dari sejumlah club motor, mulai dari kendaraan antik hingga motor gede memasuki kawasan obyek wisata Pangandaran sejak Sabtu pagi hingga malam hari. Dalam hajatan besar insan otomotif tersebut juga menggelar Grasstrack dan Time Rally. Malam harinya, ribuan insan otomotif dan warga dihibur dengan pagelaran musik yang menampilkan sejumlah band lokal dari Bandung.  Kapolres Ciamis AKBP Kemas Abdul Yasin melalui Kabag Osp Polres Ciamis Kompol Sutisna mengatakan pihaknya menenjurkan ratusan anggotanya untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Dikatakannya, penempatan pengamanan jalur lalu lintas mulai disiagakan dari wilayah Cihaurbeti hingga Pangandaran. “Kami juga melibatkan anggota di 6 Polsek yang berada di sepanjang jalur yang dilintasi rombongan,” tuturnya.

(nay)