First Travel Tamat, Kemenag Resmi Cabut Izin Sebagai Penyelenggara Umrah

Sabtu, 05 Agustus 2017 | 10:59:30 WIB | Dibaca: 1066 Kali

Youtube.com
First Travel

 JAKARTA – Tamat sudah riwayat First Travel (FT). Kementerian Agama (Kemenag) akhirnya mengeluarkan vonis pencabutan izin travel umrah bentukan pasangan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan itu. Meski sudah dicabut izinnya, FT tetap wajib melayani jamaah yang sudah terlanjur terdaftar.

Secara resmi surat keputusan pencabutan izin FT itu diterbitkan Kamis (3/8). Tetapi surat itu mulai diumumkan Kemenag kemarin (4/8). Isi surat itu menyatakan penjatuhan sanksi administrasi pencabutan izin berlaku sejak 1 Agustus 2017. Kemenag memberikan kesempatan kepada FT untuk menyampaikan sanggahan dalam 14 hari setelah keputusan keluar.

Direktur Pembinaan Umrah dan Haji Khusus Kemenag Muhadjirin Yanis mengatakan ada sekian pelanggaran oleh FT sehingga berujung penjatuhan sanksi terberat itu. Diantara yang paling berat adalah terjadi penelantaran jamaah sehingga mengakibatkan gagal berangkat umrah.

Selain itu keputusan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa praktik penghimpunan uang oleh FT illegal, juga menjadi pertimbangan Kemenag. ’’Menurut saya First Travel itu tidak memiliki itikad baik dalam menyelesaikan masalah,’’ katanya kemarin.