Investasi Kelistrikan Masih Minim

Senin, 07 Agustus 2017 | 11:26:29 WIB | Dibaca: 416 Kali


JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi investasi sektor ketenagalistrikan sepanjang semester pertama 2017 mencapai Rp 56,30 triliun. Jumlah tersebut terbilang minim atau baru 21 persen dari target tahun ini yang mencapai Rp 261,9 triliun.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng menuturkan,? minimnya investasi pada sepanjang semester I 2017 itu disebabkan pendanaan proyek kelistrikan yang masih landai. ’’Biasanya awal tahun memang agak landai, tetapi? di akhir tahun melesat,’’ ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, akhir pekan lalu.

Namun, dia tetap optimistis target akhir tahun dapat tercapai. Dia menargetkan lonjakan investasi terjadi pada kuartal III atau IV tahun ini.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman? menuturkan, investasi PLN pada awal semester pertama 2017 memang belum mencapai target. Namun, dia optimistis capaian tersebut terus merangkak naik.

’’Kecenderungan kita penyerapan di awal semester belum sesuai dengan target. Tapi, kapasitas investasi PLN dari tahun ke tahun terus ?meningkat,’’ ucapnya.

(dee/c22/sof)