Bupati Lingga Hadiri Pembukaan MTQ  

Senin, 07 Agustus 2017 | 11:34:18 WIB | Dibaca: 125 Kali


 

MUARASABAK - Bupati Lingga Provinsi Kepri, H. Andi Alias Wello ikut menghadiri pembukaan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Jambi di Tanjabtim. Ia menjadi salah satu tamu kehormatan bersama seluruh bupati dan walikota se-Provinsi Jambi. 

Menurut Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto bahwa pihaknya sengaja mengundang Bupati Lingga dan menjadi tamu kehormatan pembukaan MTQ. Kehadiran Bupati Lingga pun sudah dilaporkan kepada Gubernur Jambi, H. Zumi Zola.

“Ada tiga bidang yang saat ini sedang dirumuskan. Bidang kelautan perikanan, bidang pertanian dan bidang pariwisata,” aku Romy kemarin malam.

Sementara itu Gubernur Jambi, H. Zumi Zola mengatakan skema kerjasama yang paling pas terkait pulau eksotis itu akan menjadi bagian dari kerjasama pariwisata yang sedang digagas.

        “Ini (kerjasama ) kabupaten dengan kabupaten dulu. Setelah ini berjalan dengan baik, abru kita akan tingkatkan dengan provinsi,” ucap Zola.

        Pernyataan Zola ini bak gayung bersambut. Bupati Lingga Alias Wello menyambut positif rencana kerjasama Tanjabtim-Lingga termasuk wacana pengelolaan bersama Pulau Berhala.

Bagi Wello, hubungan Lingga dengan masyarakat Jambi sudah seperti saudara kandung. Diakuinya sejauh ini sangat besar ketergantungan ekonomi Lingga pada Jambi. Dicontohkannya, sebagian besar sembako yang dipasok ke Lingga datang dari Jambi.

Terlebih dengan masyarakat Tanjabtim. Tak sedikit warga Lingga yang punya hubungan kekerabatan dengan warga Tanjabtim.

Rencana kerjasama itu bahkan spesifik dimulai dari rencana Lingga membangun industri perikanan yang akan menyertakan Tanjabtim dalam kepemilikan saham.

Adapun soal Pulau Berhala, dijelaskannya bahwa Kepri punya 604 pulau dan hanya 98 yang berpenghuni. Tentu fakta ini menjadi bukti bahwa pengelolaan bersama Pulau Berhala menjadi keniscayaan.

Wello juga mengetahui bahwa pengunjung pulau yang berada persis di depan Kecamatan Sadu Tanjabtim tersebut kebanyakan justru dari Provinsi Jambi

        “Kita ini rumpun Melayu. Kita optimis apa yang kita rencanakan bersama ini insya Allah membawa keberkahan,” ungkap Wello.

(oni)