PDI Perjuangan Dekati PKB, Sofyan Ali Majukan Kader

Selasa, 15 Agustus 2017 | 10:55:50 WIB | Dibaca: 411 Kali

IST FOR JAMBI EKSPRES
KOALISI : Kader PDI Perjuangan, Sutiono bersama ketua DPC PKB Jambi, Sulaiman Syawal pada sebuah kesempatan.  Jelang Pilwako, PDI Perjuangan gencar bangun koalisi.

 

JAMBI- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bergerak cepat menjajaki koalisi  menuju Pemilihan Walikota (Pilwako) Jambi 2018. Saat ini, penjajakan PDI Perjuangan mengarah pada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bahkan partai berlambang banteng itu menugaskan salah satu kadernya, untuk melakukan lobi-lobi politik. Hal ini terungkap menyusul adanya pertemuan Sutiono, Ketua fraksi PDI Perjungan di DPRD Kota Jambi dengan Ketua DPC PKB Sulaiman Syawal.

Dikonfrimasi harian ini, Sutiono tidak manampik adanya penjajakan yang dilakukan agar memiliki kesamaan padangan menghadapi Pilwako tahun depan. “Itu biasa saja, mama tau nanti ada kesamaan pandangan,” ujarnya.

Sutiono menjelaskan, jika PKB adalah partai terbuka. Apalagi, PKB sendiri belum memutuskan  dukungannya. “PKB itu partai terbuka, jadi wajar saja bila ada komunikasi,” katanya.

          Menurutnya, dengan panjajakan itu bukan tidak mungkin bakal ada poros baru  yang terbangun. Sebab, politik itu berjalan sangat dinamis. “Bukan tidak mungkin ada poros baru. Bisa saja, politik itukan dinamis,” katanya lagi.

          Soal namanya yang juga berkembang jelang Pilwako, Sutiono memilih untuk mengalir dan mengikuti proses yang ada. Meskipun dirinya tidak memungkiri ruang itu masih terbuka jika menjadi kehendak DPP.

          “Saya ini mengalir saja, kalau diminta DPP harus siap. Tapi rasanya belum, karena kita hanya ada satu nama yang diusulkan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Provinsi Jambi, Sofyan Ali kembali menegaskan  jika partainya akan mendorong kader internal. Baginya PKB sendiri terbuka dengan siapapun yang ingin melakukan komunikasi.

 "Kita siapkan dua kader sebagai wakil, Sulaiman Syawal dan Eka Marlina," sebutnya.

Ia menyebutkan,  saat ini DPP telah menginstruksikan DPC PKB Kota Jambi untuk segera membuka penjaringan Cakada.  "Sudah ada instruksi DPP. Itu wewenangnya DPC," ujarnya. 

Ketua DPC PKB Kota Jambi Sulaiman Syawal mengatakan, pendaftaran akan dibuka 24 hingga 27 Agustus 2017.  "Kita buka tiga hari. Terbuka untuk semua kalangan yang berminat dan memiliki kemampuan," ucapnya.

PKB membuka pendaftaran untuk mencari calon yang terbaik untuk memimpin Kota Jambi. Pendaftaran dilakukan di sekretariat DPC Kota Jambi di bilangan Pematang Sulur.  "Pembukaan pendaftaran ini untuk menjalankan instruksi DPP," tukasnya. 

Apakah sudah ada kandidat yang melakukan komunikasi dengan PKB? Ia mengaku sudah ada beberapa kandidat. Hanya saja dirinya enggan membeberkannya siapasaja yang intens dan membidik dukungan PKB

 "Sudah ada yang komunikasi. Kita tunggu saja siapa yang mendaftar,” pungkasnya.

(aiz)