Gunung Kerinci Milik Jambi , Warga Jangan Terprovokasi

Selasa, 15 Agustus 2017 | 11:36:01 WIB | Dibaca: 6441 Kali

DOKUMEN / JE
GUNUNG KERINCI: Suasan pagi di Gunung Kerinci diambil dari kawasan perkebunan teh Kayu Aro beberapa waktu lalu. Gunung Kerinci masih salah satu wisata andalan Provinsi Jambi

Sementara itu anggota Komisi 1 DPRD Kerinci, Dodo Haryanto, dikonfirmasi mengatakan bahwa ia meminta kepada Diaporaparbud Kerinci untuk memastikan dan mencari informasi kebenaran isu klaim perbatasan tersebut. ‘‘Kami meminta kepada Disporaparbud Kerinci untuk menulusuri dan mempertanyakan terkait kebenaran isu tersebut,’‘ ujar Dodo.

Keindahan Gunung Kerinci pada pagi hari.

Pasalnya sambung Dodo, jika nanti ternyata itu benar, maka sebagai anggota DPRD Kerinci, pihaknya harus mengkaji langkah apa yang harus dilakukan. ‘‘Infonya jika memang itu benar, maka DPRD Provinsi Jambi akan membawa itu keranah hukum. Maka nantinya, kita juga harus menyiapkan apa yang harus dilakukan,’’ sebutnya.

Keindahan Gunung Kerinci pada pagi hari.

Begitu juga dengan rencana pembukaan jalur baru pendakian Gunung Kerinci dari Solok Selatan Sumatra Barat, juga mendapat penolakan dari masyarakat Kabupaten Kerinci dan sejumlah organisasi Pencinta Alam (PA) Kerinci. Karena dengan dibukanya jalur baru tersebut akan merugikan Pemerintah Provinsi khususnya Pemerintah Kabupaten Kerinci dari segi Pariwisata.

Keindahan Gunung Kerinci pada pagi hari.

Seperti Yolanda mantan Ketua Mapala Stain Kerinci (Masker), mengatakan tidak setuju dengan dibukanya jalur pendakian baru tersebut. Karena dengan dibukanya jalur tersebut, otomatis merugikan Kabupaten Kerinci, karena wisatawan baik dalam negeri maupun asing pasti akan memilih jalur Solok Selatan untuk naik ke Gunung Kerinci. ’‘Karena wisatawan datang dari Sumbar, otomatis mereka memilih jalur yang dekat dari Bandara Internasional Minang Kabau,’‘ jelasnya.