Pelabuhan Sabak Tak Ada Progres

Senin, 04 September 2017 | 11:39:21 WIB | Dibaca: 448 Kali


Meununggu Pembangunan Jalan dan Normalisasi Sungai

JAMBI - Pembanguan Pelabuhan Muara Sabak belum menunjukan progres yang signifikan. Belum dilakukan pembangunan oleh Pelindo II ini dikarenakan beberapa hal, yakni, normalisasi sungai dan belum dibangunnya jalan menuju ke pelabuhan.

 Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adi Putra mengatakan, normalisasi Sungai Batanghari, Dishub akan melakukan pembicraan dengan Direktur pelabuhan. Ini lanjutan pembicaraan Gubernur Jambi beberapa waktu lalu.

“Kita berharap sudah ada titiknya. Dan setelah ini kita lakukan peninjauan,” katanya.

Ada sekita 4 mil menuju lepas pantai yang harus dilakukan normalisasi. Dengan jarak itu, nantinya akan memakan dana sebesar Rp 120 M. Dana itu akan ditanggung Pemerintah Pusat. Untuk tahun ini baru dianggarkan sebesar Rp 42 M.

Selain itu, terkait belum dibangunnya jalan non status menuju ke Pelabuhan Muara Sabak juga menjadi kendala pembangunan. Pelindo II masih menunggu pembangunan yang dilakukan Balai Jalan.

“Kita terus mendorong Balai Jalan untuk segra melakukan pembanguan jalan itu,” pintanya.

Kata Dia, Pelabuhan Muara Sabak merupakan pelabuhan penting untuk jalur perdagangan komoditas yang ada di Jambi. Untuk bangunan fisik pelabuhan belum terjadi perubahan secara signifikan.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi Gusrizal mengatakan, sambil menunggu pembangunan jalan yang dilakukan oleh Kementerian PU Pera, Pelindo II selaku penanggung jawab pembangunan  Pelabuhan Muara Sabak, harus melakukan pembangunan fisik pelabuhan.

“Seharusnya pelindo juga membanguan agar nantinya dapat diselesaikan dengan cepat. Dan sama-sama berjalan,” katanya.

Dia meminta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pergubungan Provinsi Jambi lebih aktif menjemput bola di Kementerian.

“Lebih aktif lagilah, kan itu sudah ada arahan anggaran,” pungkasnya.

(nur)