Pemkab Batanghari Habiskan Rp 2,8 Miliar, untuk Ipal Komunal

Kamis, 07 September 2017 | 10:08:01 WIB | Dibaca: 398 Kali


BATANGHARI - Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batanghari berencana akan membangun ipal komunal di tujuh kecamatan di Kabupaten Batanghari. Pembangunan ipal komunal menghabiskan anggaran APBN tahun 2017 sebesar Rp 2,8 Miliar. 

Kepala Dinas PUPR Batanghari, Zulkifli ST membenarkan, dana yang digelontorkan dari APBN 2017 untuk pembangunan ipal komunal di tujuh kecamatan di Kabupaten Batanghari sebesar Rp 2,8 miliar. Pembangunan Ipal Komunal di Kabupaten Batanghari ditargetkan rampung pada Oktober mendatang.

"Iya dana pembangunan ipal komunal menghabiskan dana Rp 2,8 miliar dari APBN tahun 2017. Saat ini masih dalam tahap pengerjaan, mudah mudahan rampung sesuai target pada Oktober mendatang,” kata Zulkifli

Zulkifli menyebutkan, pembangunan ipal komunal bertujuan untuk menyelamatkan pencemaran lingkungan dari limbah e-coli yang disumbang dari manusia.

Saat ini, masih banyak masyarakat Batanghari yang membuang kotoran di Sungai Batanghari, tinja dari masing masing rumah tersebut nantinya akan ditampung dalam sebuah wadah, yang disebut dengan sistem ipal komunal.

"Semoga dengan adanya ipal komunal, masyarakat Batanghari tidak lagi membuang kotoran di Sungai Batanghari" sebut Zulkifli.

Zulkifli menjelaskan, desa di tujuh kecamatan yang mendapat program pembangunan ipal komunal Dinas PUPR, yang dijadwalkan akan segera rampung Oktober mendatang diantaranya, berada   di Desa Buluh Kasap, Kelurahan Sungai Rengas, Kelurahan Muara Tembesi, Kelurahan Muarabulian, Desa  Bajubang, Desa Kembang Paseban dan Kelurahan Jembatan Mas.

     " Dari masing masing kecamatan mendapatkan anggaran yang berbeda beda, tidak sama antara kecamatan satu dan lainya. Dilihat dari jumlah penduduk," jelas Zulkifli.

(rza)