Hanura dan PAN Sepakat Berkoalisi

Kamis, 07 September 2017 | 10:26:49 WIB | Dibaca: 487 Kali

ALI AMIN/JE
PENJARINGAN: Bacakada Merangin usai menyampaikan visi dan misi dihadapan pengurus Hanura. Hadapi Pilkada, Hanura dan PAN sepakat berkoalisi.

OK ///

FOTO : 

 

 

 

 

p- 

 

KERINCI - Diam-diam Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mulai mejajaki koalisi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang. Hal ini terungkap setelah adanya komunikasi politik yang dibangun petinggi Hanura dengan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Zumi Zola beberapa hari yang lalu.

Hasilnya kedua partai ini sepakat untuk berkoalisi menghadapi hajatan demokrasi lima tahunan tersebut. Bahkan keduanya menemukan kesamaaan pandangan dalam melihat dinamika politik yang terus berkembang.

          Sekretaris DPD Hanura Provinsi Jambi, Budimansyah mengatakan membenarkan adanya pertemuan itu. Menurutnya, kunjungan itu merupakan pertemuan bisa guna mempererat silaturahmi.

          “Benar, tapi itu pertemuan biasa. Pak Gubernur itukan pembina partai politik, jadi wajar kita berkunjung,” ujarnya, Rabu  (6/9) kemarin.

           Namun Budimansyah tidak menampik jika ada pembicaraan seputar Pilkada tahun depan. Menurutnya, pembicaraan itu hanya ingin menyatukan persepsi dan padangan. “Yang penting semangatnya sudah sama,” katanya.

          Apakah ini bertanda bakal ada koalisi Hanura dan PAN? Budimansyah tidak ingin berspekulasi. Menurutnya semua itu bisa saja terjadi, terutama di Merangin dan Kerinci.

          “Di Merangin kita punya Abdul Salam dan Kerinci ada Subur Budiman.  Jadi semuanya bisa saja, yang penting pandangannya bisa sama,” sebutnya,

          Bagaimana di Kota Jambi? Politisi berkumis ini mejelaskan di Tanah Pilih Pusako Betuah memiliki konstelasi politik yang berbeda. “Beliau (Zumi Zola, red) memberikan apresiasi dan memahami kondisinya,” jelasnya.

Ketua DPC Hanura Kerinci, Subur Budiman membenarkan rencana koalisi partainya dengan PAN. Selaku pimpinan parpol di Daerah dirinya menyabut baik komunikasi politik ini.

"Pernyataan ini di sampaikan langsung oleh Ketua DPD Hanura H Cek Man bersama pengurus kepada Zumi Zola selaku Ketua DPW PAN Jambi, di Rumah Dinas Gubernur," sebutnya.

Subur menjelaskan koalisi Hanura dengan PAN merupakan kesepakatan bersama antara pengurus partai yang ingin hubungan emosional dari waktu Pemilihan Gubernur 2015 lalu berlanjut di Pilkada Kerinci. "Hubungan baik Hanura PAN ini sudah terjalin lama dari Pilgub lalu, dan sudah ada penyesuaian antara Hanura dengan PAN. Kita berharap koalisi Hanura PAN ini akan membuahkan kemenangan," ungkapnya.

Meskipun demikian, koalisi ini tetap harus membuka komunikasi dengan partai lainya. Sebab Hanura dan PAN hanya memiliki 5 kursi di Parlemen. “Syaratnya harus 6 kursi, jadi kita tetap harus membuka komunikasi,” sebutnya.

Lalu bagaimana dengan calon yang diusung? Anggota DPRD Kerinci ini menjelaskan koalisi ini belum menentukan pilihan. Bagainya siapapun yang diusung dari kedua kader partai silakan, yang penting kita sudah sepakat berkoalisi.

"Untuk calon sejauh ini belum ada, kita minta nanti akan adanya kebersamaan. Keputusan kita serahkan sepenuhnya kepada Zumi Zola selaku ketua DPW yang memutuskan, siapa yang terbaik menurut beliau, yang penting kita sudah sepakat berkoalisi," tegasnya.

Sementara itu, lima Bacabup Merangin telah menyampaikan visi dan misi di kantor DPC Hanura. Mereka adalah Nalim, Salam, Khafied Moein, Al Haris dan Syukur. .

"Tadi ada dua calon yang diwakilkan karena ada halangan. Pertama Al Haris dan Sukur,” katan Zainuri, Ketua DPC Hanura Merangin.

Soal dukungan, pihaknya tetap mengikuti mekanisme partai dengan mengacu pada hasil survei. "Sejauh ini kita belum tentukan siapa dan dukung siapa. Hasil survei la yang menentukan arah dukungan nantinya," pungkasnya.

(aiz/adi/amn)