Bungo Pastikan Tak Terima PNS Tahun Ini

Senin, 11 September 2017 | 10:56:30 WIB | Dibaca: 106 Kali


MUARA BUNGO - Pemkab Bungo tahun 2017 ini memastikan tidak ada penerimaan  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini mengingat belum mampunya anggaran daerah untuk membayar gaji. 

Kepastian itu disampaikan Bupati Bungo H Mashuri  kepada sejumlah wartawan usai melepas keberangkatan  Tim liga sepak bola U12 kabupaten Bungo dirumah dinas bupati, , Rabu (6/9) kemarin.  "Belum ada (penerimaan CPNS.red)  keran anggaran pendapatan belanja daerah kita belum memungkinkan untuk peneriman pegawai. Itu yang menjadi pertimbangan bagi kita," ucap Mashuri.

Meski demikian, lanjutnya, Pemkab Bungo melalui intansi terkait akan tetap mengusulkan formasi yang dibutuhkan ke pusat. bila formasi itu terima, tentu akan dipertimbankan lagi sesuai dengan kemampuan keungan daerah untuk membayar gajinya. "Tahun ini Pemkab Bungo tidak ada buka CPNS, yang buka itu CPNS di Kementrian, jadi masyarakat jangan salah informasi. Selain itu jangan percaya calo-calo yang mengaku bisa meloloskan PNS, karna seleksi di kementrian itu murni," sebutnya.

Terpisah, Kaban  Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Bungo, R. Wahyu Sarjono mengatakan hal yang sama. Alasannya, pertimbangan anggaran yang belum memungkinkan, apalagi  Bungo belum lama ini mendapatakan limpahan CPNS PTT sebanyak 109 orang. 

"Tahun ini saja kita dapat limpahan CPNS PTT sebanyak 109. Itu penganggarannya dibebankan ke daerah. Karenan PTT itu dulu anggaran dari pusat, setalah menjadi PNS gajinya dibayar oleh daerah.  Jadi kalau kita membukan formsi dari daerah, kita harus menghitung dulu," katanya. 

Wahyu mengatakan bahwa dirinya akan berkoordinasi dengan pihak Badan Pendapatan Keungan dan Aset Daerah (BPKAD) bila ada rencana untuk menerima CPNS nantinya. "Jadi harus kita hitung kembali dengan BPKAD kalau kita menerima CPNS  daerah. Jika anggarannya memungkinkan, maka kita akan adakan penerimaan CPNS," tutupya.

(ptm)