Wabup Minta Setiap Desa Punya BUMDes

Selasa, 20 Februari 2018 - 10:44:32 - Dibaca: 642 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SAROLANGUN - Pemkab Sarolangun, meminta 149 desa dan 9 kelurahan yang ada di Sarolangun agar dapat menggembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui kucuran dana Pusat, Provinsi maupun Kabupaten.

‘’Untuk pengembangan BUMDes, pemerintahan desa harus menggali potensi BUMDes. Sehingga, dengan BUMDes ekonomi masyarakat di desa akan bergairah. Pemkab Sarolangun memliki program P2DK yang bersumber dari APBD Sarolangun dan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN, penjabaran dari dua program tersebut bisa disinergitaskan untuk pemantapan BUMDes di desa," sebut Wakil Bupati Sarolangun, Hillalatil Badri.

Selain itu, Wabup meminta peran camat membina dengan baik pemerintah desa yang berada diwilayahnya masing-masing, terutama soal administrasi pengelolaan keuangan. “Selain kehati-hatian untuk instansi sendiri, Camat juga harus membina desa yang ada di wilayahnya. Patuhi semua aturan, apalagi terkait keuangan," katanya.

Dikatakannya, setiap rupiah uang yang masuk ke desa harus dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan sebaliknya. "Camat harus kreatif dalam membangun kecamatannya masing-masing, untuk mengembangkan dan memfaatkan potensi yang ada diwilayahnya," pungkasnya.

(hnd)