Sutoto: Air Sungai Batang Masumai, Aman

Kamis, 22 Februari 2018 - 10:57:05 - Dibaca: 579 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MERANGIN - Sejak maraknya aktivitas PETI di Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin air Batang Masumai berwarna keruh, meskipun begitu pihak dari Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Merangin mengatakan sungai tesebut masih aman. ‘’Kami sudah melakukan uji sampel untuk tingkat pencemaran air Sungai Batang Masumai, Sungai Merangin dan air di TPA (Tempat Pembuangan Akhir)," ujar Kepala UPTD Laboratorium DLHD, Sutoto.

Untuk Sungai Batang Masumai, diakui Sutoto secara fisik memang sudah berubah warna menjadi keruh namun tingkat pencemaran air untuk digunakan masih aman.  "Tapi harus dilakukan proses sebelum digunakan, kualitas air masih boleh digunakan seperti disaring terlebih dahulu," jelasnya

Namun untuk kandungan mercuri diakuinya, belum bisa ketahui, pihaknya belum melakukan uji mercuri terhadap sungai tersebut karena terkendala alat labor dan sumber daya manusia. "Alat kami untuk menguji mercuri itu belum lengkap, setau saya di Jambi ini belum ada tapi sudah ada pihak provinsi mengambil sampel air batang Masumai, mercuri itu zat berat dan berada dilapisan bawah," paparnya.

Sutoto mengatakan, pihaknya akan terus memenuhi dan meningkatkan alat laboratorium agar kedepannya uji sampel semua pencemaran bisa diteliti dan diuji sendiri. "Untuk petugas Labor juga sudah kita lakukan pelatihan atau pembekalan," pungkasnya.

 (cr1)