Portal Parkir di Sungai Penuh Masih Belum Difungsikan

Jumat, 23 Februari 2018 - 11:11:42 - Dibaca: 726 kali

Google Plus Stumbleupon


PORTAL:  Walikota Sungai Penuh, saat mereskimkan portal.
PORTAL:  Walikota Sungai Penuh, saat mereskimkan portal. [GUSNADI/JAMBIEKSPRES]

SUNGAI PENUH - Meskipun telah lama diresmikan sejak awal 2018 lalu, namun hingga sejauh ini Kamis (22/02) kemarin, portal parkir di Kota Sungai Penuh masih belum difungsikan.

Pantauan dilapangan dibeberapa titik portal parkir, tepatnya disekeliling Kincay Plaza yang telah dipasang, dalam keadaan kosong dan tidak ada petugas. Sementara sistem parkir saat ini, masih diberlakukan tarif diluar Perda Sungai Penuh.

Seperti di kawasan jalan Sisingamangaraja Pasar Sungai Penuh, nampak protap parkir tertutup. Sementara parkir kendaraan roda dua dan roda empat diambil oleh juru parkir yang biasa mangkal selama ini. Untuk kendaraan roda dua dipungut Rp 2 ribu, sedangkan roda empat Rp3 ribu sampai Rp5 ribu.

Salah satu pengendara di Pasar Sungai penuh meminta Pemkot, khususnya Dishub Sungai Penuh untuk segera mengoperasikan portal Parkir. Pasalnya, hampir semua titik parkir di sungai penuh tarifnya diluar Perda. Sementara bulan lalu, sudah diresmikan portal Parkir. "Agar lebih tertib, sebaiknya Dishub mengaktifkan portal Parkir ini. Karena sudah lama dibuka, tapi dakdo digunakan. Kan mubazir juga," ujar Anto.

Untuk diketahui, portal parkir yang dipasang sudah menggunakan tiket resmi yang dilengkapi kamera pengintai atau CCTV. Sejumlah titik portal parkir yang sudah disiapkan dikokasi yakni, di pos terminal sudah ada pintu masuk dan pintu keluar.

Titik pos masuk lainnya, didepan Toko Anda pintu masuk dan keluar sebelah kincai plaza. Selain itu berlokasi di Toko Jam Detik pintu masuk dan pintu keluar pengendara disamping plaza. Serta depan penjahit waspada masuk, dan diatas penjahit ajo bakri keluarga. 

Menanggapi hal tersebut, Kadishub Sungai Penuh, Khaidir dikonfirmasi mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu dengan juru parkir. Karena Dishub belum bisa menerapkan dengan cepat, sebelum dilakukan sosialisasi. "Kita akan lakukan sosialiasi dulu, kita masih akan memanggil merek juru parkir yang ada saat ini. Agar mereka sama-sama ngerti, baru bisa nanti itu dibuka," ujarnya.

Ditanya apakah sudah ada petugas protap parkir, Khaidir megatakan pihaknya sudah menyiapkan. Beberapa orang tenaga portal parkir, sudah ada di Dishub. "Kalau pengelola itu sudah ada petugasnya," singkatnya.

(adi)