Dukcapil Temukan KK dan Akte Palsu

Jumat, 09 Maret 2018 - 10:24:41 - Dibaca: 680 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SAROLANGUN – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Sarolangun menemukan ratusan Kartu Keluarga (KK)  dan Akta Kelahiran palsu alias Bodong. Hal tersebut diakui langsung oleh Helmi selaku Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil saat dikonfirmasi sejumlah awak media di ruang kerjanya, kemarin (8/3).

“Kami banyak menemukan KK dan Akte Kelahiran palsu, jumlahnya tidak sedikit. Yang kami temukan yakni KK dan Akta tidak terdaftar,” katanya.

Diceritakannya, penemuan itu bermula saat warga ingin mengurus administrasi di kantor tersebut, namun saat di cek oleh petugas Dukcapil dalam server, data tersebut tidak terdaftar. “Kalau di sini tidak terdaftar secara otomatis di pusat juga demikian," tegasnya.

Kasus tersebut akunya, saat ini sedang didalami untuk dilakukan pembuktian, siapa pelaku yang berani merusak nama baik negara dan merugikan masyarakat itu. ”Saat ini kasus itu masih kita dalami, apakah ini kerjaan oknum Dukcapil atau ada oknum lainnya," tegasnya.

Oleh sebab itu, Helmi menghimbau, agar masyarakat Kabupaten Sarolangun kedepan berhati-hati dalam mengurus KTP dan KK. “Kami menghimbau kepada masyarakat, agar masyarakat kedepan urus sendiri dalam penggurusan KK, Akte dan lainnya. Jangan main titip -titip dengan orang lain untuk menghindari yang tidak diinginkan," pungkasnya.

(hnd)