Baru Dipasang Sudah Rusak dan Hilang, KPU Serahkan APK Paslon Walikota Jambi

Sabtu, 10 Maret 2018 - 10:56:06 - Dibaca: 420 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Serah terima Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi telah dilakukan, Jum'at (9/3) kemarin. Penyerahan diterima langsung tim pasangan calon Abdullah Sani-Kemas Alfarizi dan Sy Fasha-Maulana dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) disaksikan Panwaslu Kota Jambi.

Namun sayangnya, sejumlah APK berupa Baliho, Spanduk dan Umbul-umbul ditemukan hilang dan rusak. Padahal APK ini baru saja selesai dipasang KPU Kota Jambi, melaui panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Dari data yang berhasil dihimpun, setidaknya tercatat 14 unit spanduk dan 1 baliho yang ditemukan rusak. Kemudaian ada lagi umbul-umbul yang terlipat akibat diterjang angin.

Salah satunya spanduk yang sudah ditemukan di Kecamatan Jambi selatan, kawasan Wijaya Pura. Dimana satu unit spanduk Paslon 1 hilang dan dua spanduk untuk Paslon 2 rusak. Kemudian dikawasan Alam Barajo, Kenali Besar dan Paal Merah, Lingkar Selatan spanduk untuk paslon 2 juga hilang.

Komisioner KPU Kota Jambi, Abdul Rahim membenarkan adanya spanduk yang rusak dan hilang. Sejauh ini pihaknya sudah melakukan pendataan disemua titik.  “Ada 14 spanduk yang kita temukan rusak dan hilang. Ditambah 1 baliho,” ujarnya.

 Abdul Rahim menyebutkan, spanduk dan baliho yang rusak ini akan diganti KPU Kota Jambi. Keputusan ini diambil karena belum dilakukan serah terim kepada pasangan calon. “Jadi sisanya tidak ada masalah, kita sudah menandatangi berita acara,” katanya.

Dalam waktu dekat ini, kata Abdul Rahim, pihaknya juga akan menggelar rapat koordinasi untuk membicarakan jumlah tambahan yang dicetak pasangan calon. Karena seusai aturan pada PKPU nomor 4, pasangan calon diberikan ruang untuk mencetak sendiri sebanyak 150 pesen.

“Nanti kita akan bahas bersama. Termasuk jumlah dan titik mana saja yang akan dipasang. Karena tambahan ini harus dilaporkan kepada KPU,” tegasnya.

Sementara itu, Wahyudi Tim Pemenangan Abdullah Sani-Kemas Alfarizi mengatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada KPU Kota Jambi. Pihaknya berharap APK yang ditemukan rusak harus segera diganti. “Tadi kita sudah sepakati untuk diganti, tidak ada masalah. Kita menunggu saja, karena titiknya juga sudah diketahui,” ucapnya.

Untuk APK tambahan, anggota DPRD Kota Jambi ini mengaku masih akan membahas di internal tim. Ini terkait dengan usulan titik-titik pemasangan yang akan diusulkan kepada KPU.  “Kita akan rapatkan dulu. Kita juga diminta mengusulkan untuk selanjutnya meyesuaikan dengan KPU,” ungkapnya.

Sertianyah, Ketua Tim Parpol Koalisi Sy Fasha-Maulana meminta dalam waktu dekat ini APK yang sudah rusak dan hilang sudah harus diganti. Sehingga proses kampanye bisa berjalan dengan baik dan tertib.  “Kita sepakati diganti. Kita harapkan ini bisa segera dilakukan, nanti juga akan dilakukan serah terima lagi,” katanya.

Tidak hanya itu, Sertiansyah juga berharap agar KPU Kota Jambi juga memperbaiki spanduk di sejumlah titik. Karena ada beberapa wilayah pemasangannya dinilai belum seusai. “Kita perhatian ada spanduk yang terlipat, ada juga yang pasangan melengkung, jadi tidak kelihatan. KPU akan memperbaiki itu,” pungkasnya.

(aiz)