Kuota Minimal Sudah Terpenuhi , 196 Pendaftar Ikuti Seleksi Administrasi

Selasa, 13 Maret 2018 - 13:57:38 - Dibaca: 697 kali

Google Plus Stumbleupon


SELEKSI : Timsel calon anggota KPU tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi ketika menyampaikan keterangan pers terkait persiapan seleksi di Golden Harvest.
SELEKSI : Timsel calon anggota KPU tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi ketika menyampaikan keterangan pers terkait persiapan seleksi di Golden Harvest. [Faizarman / JE]

JAMBI - Pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten di Provinsi Jambi sudah berakhir, Senin (12/3) kemarin. Hasilnya, ratusan pendaftar telah menyerahkan persyaratan di sekretariat tim seleksi (Timsel) di jalan jalan Jend. A. Thalib, Telanaipura, Kota Jambi.

Mereka akan mengikuti seleksi untuk 7 Kabupaten yakni Muaro Jambi, Batanghari, Sarolangun, Bungo, Tebo, Tanjabtim dan Tanjabbar. Seleksi ini merupakan gelombang pertama dan akan disusul 4 daerah lainnya, Kota Jambi, Merangin, Kerinci dan Sungai Penuh pada Desember mendatang.

Dari data yang berhasil dihimpun, jumlah pendaftaran mencapai 196 orang. Dimana untuk Kabupaten Batanghari 22 pendaftar, Bungo 35, Muaro Jambi 40, Sarolangun 34, Tanjabbar 24, Tanjabtim 20 dan Tebo 21 pendaftar.

Jumlah ini sudah memenuhi kuota minimal sebanyak 18 orang untuk masing-masing daerah. Angka ini dihitung dari 6 kali jumlah Komioner sebanyak 3 orang yang akan menyelenggarakan Pemilu 2019.

Ketua Timsel, Agus Salim mengatakan penaftaran telah ditutup pihaknya hingga 16.00 Wib. Ini sesuai dengan juklak yang dikeluarkan KPU RI.

“Ya, hari ini (kemarin, red) terakhir pendaftaran. Pendaftaran atau penerimaan berkas hingga pukul 16.00 WIB,” ujarnya.

Agus Salim memastikan hingga batas akhir jumlah pendaftar sudah memenuhi kouta. Dimana jumlah kuota minimal untuk pendaftar adalah 18 orang. “Jika tidak mencapai kuota, maka akan diperpanjang selama tujuh hari sesuai dengan PKPU Nomor 7 Tahun 2018,” katanya.

 Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Shultan Thaha Saifuddin Jambi menjelaskan, seleksi akan dilanjutkan kepada tahap verifikasi administrasi yang dimulai pada 5-15 Maret kedepan. Namun sebelum itu dilakukan pihaknya membuka tanggapan masyarakat yang sudah dimulai dari 2 Maret hingga 20 April.

 “Kami juga masih menunggu yang mengirimkan persyaratan melalui pos. Kita beri waktu tiga hari, asalkan cap pada pos tersebut tertanggal 12 Maret dengan catatan pendaftar yang konfirmasi mengirimkan berkas melalui pos,” ungkapnya.

Hasil verifikasi administasi, kata Agus Salim, akan di pleno untuk penetapan kelulusan pada 16 Maret. Sehingga pihaknya akan mengumumkan kelulusan tersebut pada 19-21 Maret mendatang.

“Setelah ini dilakukan, maka akan dilanjutkan dengan tes tertulis dengan menggunakan sistem CAT, Tes Psikologi, Tes Kesehatan dan Wawancara,” pungkasnya.

(aiz)