Tenaga Kerja Asing Jambi di Dominasi China

Jumat, 16 Maret 2018 - 11:39:13 - Dibaca: 770 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Ada 165 Tenaga Kerja Asing (TKA) di Provinsi Jambi yang terdafar. Data tersebut dirangkum hingga maret 2018 dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jambi. Untuk TKA di Jambi izin paling banyak berasal dari China, kemudian Malaysia, India, dan Thailand.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi Provinsi Jambi M Fauzi, TKA yang ada di Provinsi Jambi kebanyakan bekerja sebagai tenaga ahli dan teknik di bidang perkebunan dan industri.

"Sebagian besar berada di Kota Jambi  dan Tanjung Jabung Barat," katanya.

Dijelaskan, Provinsi Jambi di dominasi TKA asal China dikarenakan banyak produk Cina yang digunakan di Jambi. Perusahaan yang ada di Jambi banyak menggunakan peralatan industri yang berasal dari China.

“Jadi hanya mereka yang bisa menggunakan, makanya TKA nya dari China,” ungkapnya.

Lanjutnya, izin TKA tersebut dikeluarkan dari Kementrian Tenaga kerja. Dari Pemerintah Provinsi Jambi melakukan pengawasan. "Kami juga akan membentuk tim pengawasan TKA, agar pengawasan dapat maksimal dilakukan. Kita akan bentuk Satgas TKA," imbuhnya.

TKA yang bekerja di provinsi Jambi sebut Fauzi, harus memiliki  paspor dan izin kerja. Pihaknya akan melakukan pengawasan agar perusahaan tidak  mempekerjakan pekerja asing yang tidak memiliki Dokumen.

"Pemerintah Provinsi Jambi akan terus memantau TKA dan perusahaan yang ada di Provinsi Jambi," pungkasnya.

(nur)