Aksi Terbesar sejak Protes Perang Vietnam

Senin, 26 Maret 2018 - 12:11:55 - Dibaca: 609 kali

Google Plus Stumbleupon


AKSI DAMAI: Ratusan ribu orang turun ke jalan pada Sabtu (24/3) untuk mengenang tragedi di Kota Parkland, Negara Bagian Florida.
AKSI DAMAI: Ratusan ribu orang turun ke jalan pada Sabtu (24/3) untuk mengenang tragedi di Kota Parkland, Negara Bagian Florida. [Reuters]

WASHINGTON – Emma Gonzalez mengucurkan air mata saat menyebutkan lagi satu per satu nama teman-temannya yang menjadi korban penembakan ’’the monster’’ Nikolas Cruz. Suaranya bergetar. Detik-detik penuh kengerian yang menimpa sekolahnya, Marjory Stoneman Douglas High School, pada 14 Februari itu masih membayang jelas.

Menurut Emma, seorang Cruz hanya membutuhkan waktu 6 menit 20 detik untuk membunuh 17 orang dan melukai 15 lainnya. Termasuk dirinya. ’’Perjuangkan hidup Anda sebelum orang lain yang harus mengupayakannya untuk Anda,’’ kata gadis 17 tahun itu di akhir pidatonya sebagaimana dilansir Time kemarin (25/3).

Emma bergabung dengan ratusan ribu orang yang kembali turun jalan pada Sabtu (24/3) untuk mengenang tragedi di Kota Parkland, Negara Bagian Florida. Aksi bertajuk March for Our Lives tersebut digelar di kota-kota besar Negeri Paman Sam. Selain Washington D.C., Associated Press menyebut New York, Denver, dan Los Angeles. Bahkan, aksi serupa dihelat di London, Paris, Tokyo, dan Sydney.

Di New York, perhatian tertuju pada Paul McCartney, salah satu personel band The Beatles. ’’Salah satu teman terbaik saya tewas karena senjata di sekitar tempat ini. Saya tidak tahu apakah kita bisa mengakhiri kekerasan bersenjata. Tapi, inilah yang bisa kita lakukan dan saya ingin menjadi bagian darinya,’’ ujarnya kepada CNN.

Sekitar 37 tahun lalu, John Lennon, vokalis The Beatles, tewas setelah empat peluru bersarang di punggungnya. Dia ditembak dari jarak dekat di kawasan Central Park. Sabtu itu McCartney sengaja menghadiri aksi March for Our Lives di dekat Central Park untuk mengenang Lennon. Dia memakai kaus bertulisan ’’We can end gun violence’’.

Tak hanya McCartney, menurut laporan BBC, sejumlah selebriti lain juga terlibat dalam aksi massa yang diklaim sebagai unjuk rasa terbesar sejak berakhirnya Perang Vietnam tersebut. Antara lain, Kim Kardashian dan suaminya, Kanye West. Mereka terbang ke Washington D.C. khusus untuk ikut berunjuk rasa.

Mereka bergabung dengan George Clooney, Oprah Winfrey, Steven Spielberg, Ellen DeGeneres, dan Cher. Di sana Miley Cyrus, Ariana Grande, Jennifer Hudson, dan Demi Lovato turut memberikan dukungan. Mereka juga menghibur para demonstran dengan penampilan apik di panggung.

(hep/c20/pri)