Server Terganggu, Seleksi Komisiner KPU Kabupaten Berlanjut Ketahapan Psikologi

Selasa, 27 Maret 2018 - 10:55:41 - Dibaca: 560 kali

Google Plus Stumbleupon


SELEKSI : Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten usai melakukan registrasi untuk mengikuti tes tertulis di STIKOM Dinamika Bangsa, Senin (26/3) kemarin.
SELEKSI : Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten usai melakukan registrasi untuk mengikuti tes tertulis di STIKOM Dinamika Bangsa, Senin (26/3) kemarin. / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Tes tertulis calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten di STIKOM Dinamika Bangsa sempat molor, Senin (26/3) kemarin. Soalnya, server yang digunakan dalam tes dengan metode Computer AssistedTest (CAT) sempat terganggu.

Akibatnya, jadwal yang seharunys dilaksanakan pada pukul 07.30 Wib tertunda hingga pukul 08.00 Wib. Padahal 181 peserta dari 7 Kabupaten yakni Batanghari, Bungo, Muarojambi, Sarolangun Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dan Tebo sudah besiap-siap.

Salah satu peserta sempat mengeluhkan pendundaan tersebut. Seharusnya, antisipasi harus dilakukan lebih awal agar tidak ada kendala dalam pelaksanaan. "Benar sempat tertunda. Harusnya sudah mulai lebih awal," ujar salah satu peserta kepada harian ini.

Ia menyebutkan, jika penundaan berdampak pada pergeseran jadwal. Meskipun tidak mengurangi durasi waktu, kejadian ini sempat membaut konsentrasi terganggu. "Kita tidak tau persisnya kenapa tertunda. Itu dari panitia yang mengerti," terangnya.

Ketua Timsel, Agus Salim memebenarkan adanya gangguan pada server yang digunakan pada tes tetulis. Menurutnya, itu tidak hanya terjadi di Jambi, melainkan seluruh Indonesia yang juga menggelar tes.

“Jambi termasuk yang cepat bisa login dan mulai dibanding daerah lain yang juga menggelar tes pada jadwal yang sama,” ujarnya.

Agus Salim mengatakan, penundaan terjadi selama 30 menit lebih. Ia memastikan, proses seleksi tidak bermasalah karena tidak mempengaruhi nilai dan durasi waktu yang diberikan kepada peserta.  “Intinya tidak berpengaruh terhadap nilai. Kita tetap berikan waktu yang sama sesuai aturan,” lanjutnya.

Ganguan ini, kata Agus Salim, juga tidak diketahui oleh utusan KPU RI yang memantau langsung pelaksanaan seleksi. Begitu segel dibuka, tim teknik itu juga kesulitan. “Mereka yang bawa peralatannya dari KPU RI. Begitu kita ingin mulai mereka juga tidak tidak mengetahui secara persis,” terangnya.

Bagaimana dengan hasil CAT? Agus Salim mengatakan hasil CAT bisa langsung diketahui dengan peringkat dan skor. Sehingga 18 besar yang lolos sudah bisa dipastikan mengikuti tes psikologi.  “kita sampaikan langsung. Ada nilai dan skornya. Tadi semua sudah melihat langsung,” katanya.

Sementara itu, pada sesi pertama 18 besar yang dinyatakan lolos dari Kabupaten Tanjabtim yakni M Kinas, M Yunus, Ahmad Najib, Abdul Haris, Nurkholis, Ruqiyah, Suryadi Ramadhan, Abdul Hafiz, Nurdin, Mudaroqah, Hari Santoso, Saparuddin, M Ihsan Lubis dan Sumadi.

Kabupaten Tanjabbar ada nama M kurdi Z, Ahmad Hadziq, Sumono, H Syahrial, Fadlan Habibi, A Syibli, M Salim, M Taufiq, Suroso, M Ilyas, wendyanto, Titin martini, Hairuddin, Munawar Sazali, Fauzal Amri, Tamaruddin, Ahmad Junaidi dan M Rum.

Kabupaten Muarojambi ada nama Edison, Agus Riyadi, Novri Suryadi, Rian Gusman Apri, Misdi, Hendri, Elfi Prasetya, M Salim, Hamdi, Al amin Hadi, Andi Agustri, Yenni Eka Putri, Hadiawan, Supriyadi, Ulfa HN,Aan Pindra, M Haramen dan Fatkurozik.

Kemudian sesi kedua Kabupaten Bungo terdapat M Bisri, Kristian E Candra, Syahruddin, Ruslan,  M Amin, Armidis, Romi Muhammad, Musfal, Satrian Devi, Maryam, Hardiyanto, Iwan Gusnadi, Almahfuz, arfauzi, Roy Imron, Ardianto, Muzanni dan M Mukhlis.

Batanghari muncul nama A Kadir, Imung Wakhid Ramadhoni, M Aris, Harapan Nami, Rifai, M Apri, Mustra, Syahril, Hasyim, Mukhlis, Abdul Mukti, A Sobro, Lony Srivolta, M Zamani, Sudirman Afandi A, Syolihin, Firmansyah, Hana Prihatina

Tebo yakni Alfadli, Yuliastuti, Iftah lutfi Alansori, Rinalidi Zainun, Gaman Sakti, Riance Juscal, Nani Efendi, Bahrullah, Basri, Rudiyanta, Dian Anggraini, Arduansyah, Fahmi, Sri Asteti, Abdul Kadir, Fadil, Roby Cahyadi, Fahmi

Terakhir pada sesi ketiga yakni Sarolangun terdapat nama JB Martien, Ruoi Udin, Aliwardana, Ibrahim. Zulfairi, Rinawatim, Asanur Rahman, Asriyadi, Muhammad Fikri HS, Hasan Sabti, Haidir Fitria, Abdul Halim, H Basyaruddin, Azmi Berlian, Aspriadi, Anif , M Juani dan Fahasi.

(aiz)