Elviana Lirik DPD RI, Puluhan Operator Ikuti Sosialisasi SIPPP

Rabu, 11 April 2018 - 10:23:06 - Dibaca: 580 kali

Google Plus Stumbleupon


PEMILU : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi memberikan sosialisasi syarat calon dan dukungan minimal bakal calon persorangan peserta Pemilu, Selasa (10/4) kemarin.
PEMILU : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi memberikan sosialisasi syarat calon dan dukungan minimal bakal calon persorangan peserta Pemilu, Selasa (10/4) kemarin. [Ist]

JAMBI - Pertarungan menuju senayan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bakal sengit dari daerah pemilihan (Dapil) Jambi . Tidak hanya untuk kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR),  pertarungan itu juga akan alot untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Buktinya beberapa nama besar akan bertarung berebut dukungan masyarakat. Tidak hanya para petahana seperti Abu Bakar Jamalia, M. Syukur, Daryati Uteng Suryadiyatna dan Hj Juniwati T Masjchun Sofwan, nama-nama baru juga tampak siap untuk bertarung.

Diantaranya salah satu Elviana, Anggota DPR RI yang diam-diam kembali melirik posisi di DPD RI. Ini telihat setelah Elviana mengirim operator mengikuti sosialisasi pencalonan DPD RI di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, Selasa (10/4) kemarin.

Terdapat pula nama Sum Indra, Syaiful Azwar, Azhar Mulia, Musthofa Lutfi, Krismanto dan beberapa nama lainnya. Terhitung ada 30 nama yang mengirimkan operatornya maupun  sekedar konsultasi.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Sanusi mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada bakal calon anggota DPD RI. Ini dilakukan agar calon memahami cara mendaftar dan menyampaikan persyaratan calon.

"Saat ini selain melampirkan dukungan 2000 KTP, juga calon harus mengaplod dukungan KTP di aplikasi," ujarnya.

Sanusi mengaku sejuah ini, baru 30 bakal calon yang melakukan konsultasi dengan KPU. Namun tidak menutup kemungkinan jumlah itu bertambah karena tanggal pendaftaran calon dimulai 22 hingga 26 April mendatang.  "Tadi yang ikut ada beberapa nama lama alias petahana dan ada juga calon baru," katanya.

Sanusi menjelaskan, sosialisasi ini diharapkan agar calon anggota DPD RI yang ingin mendaftar bisa memahami penggunaan aplikasi sistem informasi perseorangan peserta pemilu (SIPPP). “Kita ingin agar betul-betul bisa dipahami,” ucapnya.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Nuraida Fitri Habi menjelaskanjika aplikasi SIPP dapat memudahkan kerja KPU dalam memverifikasi dukungan. Salah satunya mendeteksi dukungan ganda yang disampaikan para pendaftar.

" Melalui aplikasi ini akan bisa melihat dukungan ganda dan melihat dukungan yang lengkap," sebutnya.

Aplikasi SIPPP juga dapat melakukan registrasi pendaftaran dan mengaplod dukungan e KTP. Selain itu juga dapat melakukan penelitian data dukungan, penelitian DP4 dan DPT, menghapus terkena denda jika ada dukungan ganda atau berlebih.

“Dukungan minimal untuk menjadi anggota DPD RI adalah 2000 e KTP, tersebar di enam kabupaten kota Se provinsi Jambi,” pungkasnya.

(aiz)