Api Novita Menyala Lagi, Tim Forensik Lakukan Investigasi

Rabu, 11 April 2018 - 10:34:00 - Dibaca: 1559 kali

Google Plus Stumbleupon


INVESTIGASI: Tim Labfor dari Palembang saat melakukan investigasi puing-puing kebakaran di lantai IV Novita Hotel Jambi, kemarin (9/4)
INVESTIGASI: Tim Labfor dari Palembang saat melakukan investigasi puing-puing kebakaran di lantai IV Novita Hotel Jambi, kemarin (9/4) / Jambi Ekspres Online

JAMBI Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Palembang bergerak cepat mencari penyebab kebakaran hebat yang terjadi di Novita Hotel, Kota Jambi, Senin (9/4).  

Kemarin (10/4) sudah mulai melakukan investigasi.

Menariknya, sore kemarin, sekitar pukul 17.00 WIB, api kembali berkobar di lantai 5.Petugas yang standby di sekitaran bangunan langsung sigap memadamkan api. Bahkan, tidak lama kemudian datang lagi mobil Damkar yang lainnya.

Tidak lama berkobar, api kembali berhasil dijinakkan. Disisi lain, warga kembali berkerumun menyaksikan kebakaran tersebut. Hingga malam tadi petugas terus melakukan pendinginan

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Muchlis AS, saat dikonfirmasi mengatakan, hingga pagi kemarin pihak pemadam masih melakukan pendinginan di kamar-kamar hotel.

"Tim Labfor tadi malam sudah tiba di Jambi," ujar Brigjen Pol Muchlis AS.

Menurutnya, saat ini pihaknya sudah memeriksa 6 orang. Mereka merupakan pegawai dari hotel berlantai sebelas tersebut.

Saat ditanya terkait adanya pengamanan protek kebakaran yang di Hotel Novita yang tidak aktif saat terjadinya kebakaran, Kapolda belum bisa memastikan hal tersebut.

"Kita belum bisa mengidentifikasi seperti itu. Nanti kita lihat hasil pemeriksaan dari tim terpadu," sebut Kapolda.

Dari hasil pendataan, tidak ada korban dalam peristiwa ini. Semua tamu dan karyawan hotel berhasil selamat. Hanya saja, ada beberapa barang dari mereka yang tertinggal di hotel.

Sementara itu, Kapolresta Jambi Kombes Pol Fauzi Dalimunthe saat ditemui di lokasi kejadian menyebutkan, suasana di dalam hotel masih sangat panas. Pihak Damkar masih melakukan pendinginan.

"Saya tidak naik di atas. Saya di lobi saja. Tim Labfor melakukan investigasi. Tim masih bekerja," sebut Kapolresta.

Untuk menjaga lokasi, pihaknya mengerahkan 100 personel. Kemudian dibantu oleh pihak Polda Jambi dan aparat TNI. Selain itu, jalan di depan Hotel Novita ditutup untuk umum.

"Nanti akan kita buka setelah situasi sudah aman dan lancar," jelasnya.

Pantauan di lapangan sekitar pukul 12.00 WIB, kawasan Hotel Novita yang bersebelahan di Mall Matahari dipasangi garis polisi. Terlihat juga puing bangunan dan kaca yang berserakan di samping hotel.

Bagian puncak gedung Hotel Novita serta Mall Matahari terlihat hangus. Besi baja membengkok akibat kebakaran hebat ini. Sementara, informasi yang di dapat, di dalam masih terasa panas.

Semua barang-barang hangus. Kecuali lantai dasar. Rangka baja yang ada di dalam hotel berserakan akibat kebakaran itu.

Selain itu, pihak petugas masih terlihat berjaga-jaga. Masih disiagakan 3 unit mobil Damkar dan 2 unit Water Cannon milik kepolisian. Petugas sudah masuk ke dalam melakukan pendinginan.

Masih pantauan di lapangan, tim Labfor Palembang bersama dengan tim Inafis Polda Jambi terlihat keluar masuk pintu utama hotel. Dari informasi, ada yang sudah naik ke lantai empat untuk melakukan investigasi.

(pds)