Punya Kewenangan Sama, Fachrori Umar Resmi Plt Gubernur Jambi

Rabu, 11 April 2018 - 10:37:59 - Dibaca: 2303 kali

Google Plus Stumbleupon


HARUS AMANAH: Wagub Jambi Fachrori Umar menerima SK Plt Gubernur Jambi dari Sekjend Kemendagri Hadi Prabowo Selasa (10/04) sore di Jakarta
HARUS AMANAH: Wagub Jambi Fachrori Umar menerima SK Plt Gubernur Jambi dari Sekjend Kemendagri Hadi Prabowo Selasa (10/04) sore di Jakarta / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar resmi ditunjuk Mendagri sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi menggantikan Zumi Zola yang Senin kemarin (9/4) ditahan penyidik KPK.

Doktor Ilmu Pemeritahan Universitas Padjajaran itu ditunjuk sebagai Plt berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri nomor: 121.15/2228/SJ tanggal 10 April 2018, Perihal Penugasan Pelaksana Tugas Gubernur Jambi.

Secara langsung, Fachrori menerima surat tersebut di ruang sidang utama gedung A Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, yang disearhkan secara langsung  oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Hadi Prabowo Selasa (10/04) sore.

Menurut Hadi Prabowo, penunjukan sebagai Plt itu dilakukan sehubungan surat yang disampaikan oleh KPK terkait dengan penahanan Gubernur Jambi definitif, Zumi Zola Zulkifli oleh KPK tanggal 9 April 2018.

‘‘Wakil Gubernur Jambi menjadi Pelaksana Tugas Gubernur Jambi, guna memimpin roda pemerintahan di Provinsi Jambi sementara ini,’‘ katanya.

Penunjukan ini, merupakan amanat dari ketentuan peraturan perundang-undangan sebagaimana diatur dalam pasal 65 ayat 3 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Selanjutnya, guna menghindari kekosongan kepemimpinan Pemerintah Daerah dan untuk menjamin penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Provinsi Jambi, sesuai dengan pasal 65 ayat 4 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Wakil Kepala Daerah menjalankan tugas dan wewenang Kepala Daerah.

‘‘Saya menegaskan kepada Plt. Gubernur Jambi, selama menjabat saudara memiliki tugas dan wewenang sama,’‘ katanya.