Waspada, Pengamanan Berlapis, Benih Terorisme Masih Adakah di Jambi?

Selasa, 15 Mei 2018 - 09:57:08 - Dibaca: 702 kali

Google Plus Stumbleupon


DIJAGA KETAT: Pintu masuk utama Mapolda Jambi kemarin (14/5) dijaga ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap, paska serangan teroris di Surabaya
DIJAGA KETAT: Pintu masuk utama Mapolda Jambi kemarin (14/5) dijaga ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap, paska serangan teroris di Surabaya [M. Ridwan / JE]

‘‘Dengan kejadian ini, kita tingkatkan pencegahan dan pennaggulangan,’‘ katanya.

Kemudian, ketika ditanyakan apakah di Jambi masih menyisakan benih yang berkemungkinan berkembang? Prof Sukri mengatakan berkemungkinan masih ada. Pasalnya Jambi merupakan daerah yang tenang.

‘‘Kita tidak bisa memastikan. Dibilang tidak ada, tapi Jambi pernah jadi tempat latihan sebelum aksi serangan terorisme,’‘ katanya.

Dijelaskanya, beberapa daerah yang pernah diindikasikan miliki benih teroris adalah Kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari, Merangin, Bungo, Tanjung Jabung Timur.

Menyikapi ini, ia menegaskan akan melakukan koordinasi hingga tingkat Rukun Tetangga (RT), untuk mensosialisasikan terkait bahaya aksi terorisme. 

‘‘Kita akan rapat internal dulu, untuk menyusun langkah pencegahan dan penanggulangan,’‘ katanya.

Lanjutnya, sebagai mitra Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), FKPT Provinsi Jambi tidak bisa mengambil langkah sendiri. Kini, ia masih menunggu apa intruksi dari FKPT Pusat.

Kemudian, dikatakan Sukri, FKPT Provinsi Jambi akan kembali melakukan pemeriksaan lapangan di daerah yang diduga pernah memiliki benih teroris. Pemeriksaan ini akan dilakukan Mei ini.