Dewan Kab. Bungo Minta Warga Awasi Penggunaan DD

Selasa, 22 Mei 2018 - 10:58:05 - Dibaca: 575 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARA BUNGO - DPRD Bungo meminta masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan dana yang dikelola desa saat ini. "Jumlah yang dikelola desa saat ini sangatlah besar, oleh karena itu marilah kita berama untuk mengawasinya agar dana tersebut tepat sasaran, yakni untuk kepentingan masyarakat banyak ," Wakil Ketua DPRD Bungo, Sarkoni Syam, kemarin.

Sarkoni mengajak masyarakat untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang bila ditemukan ada kejanggalan-kejanggalan pembangunan yang tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. "Kegiatan kedewanan juga selalu turun untuk pengecekan, 35 anggota dewan tidak tercapai dan tidak mampu mengawasi dari 141 dusun," ungkapnya.

Selain itu Sarkoni juga menghimbau seluruh Rio (Kepala Desa) agar menggunakan dana sesuai kebutuhan desa itu sendiri. Ia berharap pembangunan berdasarkan musyawarah bersama.

Untuk diketahui, pemerintah kabupaten Bungo di 2018 ini menerima anggaran untuk Dusun sebesar 217 milyar. Dari jumlah tersebut terdiri dari Dana Desa  (DD) Alokasi Dana Desa (ADD), Gerakan Dusun  Membangun (GDM), bagi Hasil pajak dan retribusi serta bantuan dari Propinsi.  Masing-masing dusun berbeda jumlah dana yang diterima, jumlah ini dibagi berdasarkan kebutuhan desa masing-masing. Jumlahnya mulai dari 1,4 milyar sampai 1,8 milyar.

(ptm)