Polsek Diserang, 2 Polisi Dibacok, Pelaku Ditangkap 2 Jam Paska Kejadian

Rabu, 23 Mei 2018 - 11:33:37 - Dibaca: 1520 kali

Google Plus Stumbleupon


DIPERKETAT: Aparat kepolisian berjaga-jaga di Mapolsek Maro Sebo paska diserang warga kemarin sore (22/6). (Inzet) Pelaku penyerangan AS berhasil diamankan (22/5)
DIPERKETAT: Aparat kepolisian berjaga-jaga di Mapolsek Maro Sebo paska diserang warga kemarin sore (22/6). (Inzet) Pelaku penyerangan AS berhasil diamankan (22/5) / Jambi Ekspres Online

SENGETI - Teror terhadap aparat keamanan kembali terjadi. Kali ini penyerangan secara brutal dilakukan oleh seorang pemuda ke Mako Polsek Marosebo Muaro Jambi pada Selasa (22/5) sore, akibatnya 2 orang anggota polisi mengalami luka bacok. 

Dari informasi yang didapat dari warga sekitar diketahui bahwa kejadian ini terjadi sekitar pukul 14.30 Wib sore, saat itu suasana Mapolsek Marosebo tampak lengang seperti biasanya. 

Dari penuturan saksi diketahui siang itu seorang mengendarai Honda Beat putih dari arah Sekernan menuju Candi Muarojambi datang ke Mapolsek Marosebo.  Pria ini Langsung memarkirkan motornya di depan Polsek Marosebo, usai parkir pelaku membawa sebilah parang langsung masuk ke area Polsek dan merusak mobil milik polisi dan memecah kaca polsek.

Pelaku Kemudian langsung melukai 2 orang anggota polisi atas nama Aipda HSP Manalu dan Bripka Sangap Stinambun, usai melakukan pembacokan di bagian kepala dan leher korban, pelaku kemudian melarikan diri ke arah candi Muarojambi.

Masih dari penuturan warga, saat di tengah jalan pelaku sempat mengancam warga yang berkerumun di pinggir jalan (sedang ada kematian, red) dengan menyebut tasnya ada bom dan warga langsung berhamburan pergi dan pelaku langsung pergi ke arah candi Muarojambi.

Para korban kemudian dibawa oleh anggota polisi lainnya ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis dan kemudian dirujuk ke RSUD Ahmad Ripin Sengeti, korban diketahui mengalami luka di kepala dan leher dan saat ini telah dalam keadaan sadar. 

Kejadian ini langsung mendapat perhatian masyarakat, dimana masyarakat langsung berkumpul di Mapolsek Marosebo, tak lama kemudian rombongan Polres Muaro Jambi datang dan melakukan sterilisasi area kejadian. 

Polisi langsung memasang gari polisi dan melakukan rekonstruksi kejadian untuk mencari barang bukti yang ada yaitu mencari senjata yang digunakan oleh pelaku ini menyerang korban. 

Tak lama setelah itu, sekitar pukul 16.30 WIB polisi berhasil mengamankan pelaku penyerangan tersebut, Pelaku diamankan di di kediamannya di Desa Danau Lamo Kecamatan Maro Sebo Muarojambi, pelaku ditangkap tanpa perlawanan, pelaku kemudian diamankan oleh polisi di Mapolsek Marosebo untuk dimintai keterangannya. 

Sekitar pukul 16.00 WIB, Kapolda Jambi Brigjen Muchlis, yang langsung turun ke Polsek Maro Sebo mengatakan bahwa terkait dengan kasus ini apakah ada dugaan terkait teroris atau tidak, ia mengatakan belum bisa pastikan.

"Untuk mengarah ke teroris kita belum bisa pastikan ke arah situ, namun tersangka sudah kita tangkap dan dilakukan pemeriksaan. Kita masih menganggap ini sebagai orang yang tidak dikenal jadi kita belum pastikan," ujarnya, Selasa (22/5).

Ia menambahkan bahwa saat ini pelaku dikatakanya belum bisa dimintai keterangan. Namun dijelaskannya bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan.

Ia menjelaskan bahwa kejadian terjadi sekitar pukul 14.30, pelaku datang membawa parang dan langsung menyerang anggota yang berjaga di depan dua orang. Dua orang tersebut yakni Bripka Sangap Sinambunan dan Bripka HSP Manalu.

"Anggota kita luka pada bagian leher dan luka jahitan, mohon doakan agar anggota kita kita tidak terjadi apa-apa," ucapnya

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa Pelaku berinisial AS yang merupakan warga Danau Lamo, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarojambi. "Diketahui pelaku merupakan Warga Danau lamo lebih kurang 6 km dari polsek maro sebo, Pelaku ditangkap di kediamannya," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa untuk kerusakan yang terjadi akibat penyerangan ini terjadi kerusakan pada meja kantor, komputer dan bagian kaca kantor rusak, serta kaca mobil belakang yang ada di depan polsek maro sebo.

(era)