Warga Keturunan Kerinci Jadi Mentri di Malaysia

Rabu, 23 Mei 2018 - 11:36:37 - Dibaca: 2115 kali

Google Plus Stumbleupon


KETURUNAN KERINCI: Rina Harun bersama Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad 
KETURUNAN KERINCI: Rina Harun bersama Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad  / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad  Senin kemarin (21/50) melantik 13 Menteri di Kabinet pemerintahan Malaysia  dihadapan raja yang Dipertuan Agong Sultan Muhammad V di Istana Negara.

Dari 13 Mentri yang dilantik tersebut adalah Rina Harun. Nama Rina Harun menjadi menarik karena ia merupakan keturunan Indonesia yakni Kabupaten Kerinci.

Rina Harun dipercaya menjadi Menteri Pembangunan Luar Bandar Malaysia. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Rina Harun adalah putrid dari Muhammad Harun yang merupakan warga keturunan Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. 

Akmal, Ketua organisasi Kerinci Bersatu di Malaysia, dikonfirmasi membenarkan bahwa Rina Harun, menteri pembangunan Luar Bandar adalah keturunan Kerinci. "Tidak banyak yang tahu, cuma yang pasti keturunan Kerinci wilayah Lempur, adik sepupu dari Sudirman," katanya.

Sementara itu, Pengurus lembaga adat lekuk 50 Tumbi Lempur, Daswarsah, dikonfirmasi juga mengatakan hal yang sama, bahwa Rina merupakan keturunan Kerinci. 

Menurutnya, kakek Rina tersebut adalah orang Lempur, Kecamatan Gunung Raya dan dia (Rina red) pernah pulang ke Lempur bersama dengan kakeknya dan kakaknya Adman.

"Iya benar, dia keturunan Lempur, Rina Harun ini datang ke Lempur ikut kakek dan Kakaknya yang bernama Adman (Man), kakaknya itu teman sepermainan saya dahulu, dia tinggal sebelahan dengan rumah saya," sebutnya.

Bahkan, sambung Daswarsyah, Rina juga pernah Sekolah Dasar (SD) di Lempur, pada tahun 1974. "Dia sekolah di Lempur cuma sebentar, karena dia ikut keluarganya ke Malaysia, sampai sekarang tidak pernah pulang lagi ke Lempur," jelasnya. 

Atas kabar tersebut, sejumlah warga yang berada di Malaysia juga merasa bangga dan mengucapkan selamat kepada Rina, salah satunya adalah Hasiah. Dia mengatakan, sangat bangga adanya orang kerinci yang menjadi Menteri di Malaysia. "Sungguh, saya bangga sekali ada orang Kerinci jadi menteri luar bandar alhamdulillah. Semoga lancar menjalan tugas dan amanah Amin," ucapnya.

(adi)