Hari Pertama Kerusakan Tak Signifikan, KPU Kerinci Targetkan Penyortiran Rampung Jumat

Jumat, 25 Mei 2018 - 13:16:40 - Dibaca: 775 kali

Google Plus Stumbleupon


LOGISTIK : KPU Kerinci dan petugas tampak memantau proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Kepala Daerah Kerinci.
LOGISTIK : KPU Kerinci dan petugas tampak memantau proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Kepala Daerah Kerinci. / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci juga mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara sejak Rabu (23/05) kemarin. Di hari pertama tidak terlalu signifikan, hanya 24 lembar surat suara yang ditemukan rusak.

“Dihari pertama, KPU Kerinci menemukan 24 surat suara yang rusak, dari 26 kotak surat suara yang selesai dilakukan pelipatan,” ujar M Panca Putra, cc

M Panca Putra mengatakan proses penyortiran melibatkan 56 tenaga pelipat. Mereka adalah keluarga staf KPU agar mengindari kecurangan. "Pelipatannya, juga dikawal polisi dan Panwas. Mereka yang bekerja harus orang yang bisa dipercaya, yakni keluarga staf KPU," ujarnya.

Pelipatan dan penyortiran ini ditargetkan selesai dalam beberapa hari yakni Jumat (25/05). Selanjutnya, baru bisa diketahui berapa jumlah surat suara untuk Pilkada yang bagus, dan berapa yang rusak.

Kerusakan sendiri, kata Panca Putra, bermacam-macam di antaranya robek, tidak ada cetakan belakang, cetakan tinta yang meleber. “nanti kita hiutung semuannya,” katanya.

Ia menegaskan, jika surat suara yang sampai di KPU Kerinci sesuai usulan kebutuhan sebanyak 205.758 ditambah dengan 2,5 persen. Sehingga, total keseluruhan 211.183 surat suara.

Jumlah itu sambung Panca, tidak termasuk surat suara untuk pemilihan ulang yakni 2.000 surat suara. "Jumlah surat suara yang datang 107 kotak, dimana 105 kota perkotaknya berisi 2 Ribu, 1 kotak berisi 1.183, dan Satu kotak lagi isi 2 ribu untuk surat pemilihan ulang," tukasnya.

(adi)