LRT Palembang Digunakan Per-15 Juli, Kemenhub Dukung Asian Games

Senin, 28 Mei 2018 - 10:33:40 - Dibaca: 885 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAKARTA - Dukungan untuk Asian Games datang dari Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimis jika  Light Rail Transit (LRT) di kota Palembang akan resmi beroperasi pada tanggal 15 Juli. Selain itu, dukungan promosi Asian Games juga dilakukan oleh Direktorat Perhubungan Laut.

 Kemarin (27/5) Menhub mengikuti tes dinamis LRT. Dia optimis jika LRT bisa segera digunakan. ”Setelah melakukan tes dinamis dan rapat, ditargetkan pengoperasian LRT Palembang akan dimulai pada tanggal 15 Juli ," kata Budi.

Yang menjadi perhatian Menhub ke depannya adalah konsep transportasi antarmoda dapat berjalan baik. Sehingga memudahkan masyarakat dalam beraktifitas. ”Kami sudah berdiskusi berkaitan dengan Trans Musi, kita juga akan ada penggunaan Bus Air sehingga angkutan antarmoda di mana LRT menjadi transportasi utama didukung oleh angkutan lain sebagai feeder," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Menhub mengatakan saat ini konstruksi LRT Palembang sudah selesai. Dalam waktu dekat akan datang enam rangkaian kereta untuk melengkapi seluruh rangkaian. ”Konstruksi sudah selesai semua termasuk rel, sekarang sedang dilakukan pengujian dengan kereta yang riil. Rangkaian kereta tersebut untuk melengkapi 2 rangkaian kereta yang sudah tiba," tutup Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan LRT di Palembang mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 nanti. ”LRT mulai beroperasi 3-4 minggu sebelum Asian Games berlangsung. Saat ini sedang dilakukan tes dinamis dan menurut laporan sudah bisa dengan kecepatan 35 km/jam," tuturnya.

Sementara itu Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan the Asian Games. Dukungan tersebut salah satunya tertuang dalam Surat Edaran Nomor UM.003/43/12/DJPL-18 tanggal 24 Mei 2018 tentang Penggunaan Pakaian Dinas dan Atribut Khusis Dalam Rangka Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun. ”Seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut wajib menggunakan pakaian dinas dan atribut khusus Asian Game," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha Tjahjagama kemarin.

Asian Games diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus - 2 September di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan delapan cabang olahraga non olimpiade.

(lyn)