Normalisai Sungai, Pemkot Sungai Penuh Kucurkan 3 M

Kamis, 31 Mei 2018 - 09:14:51 - Dibaca: 1032 kali

Google Plus Stumbleupon


BANJIR: Tiap kali hujan, maka beberapa titik jalan di Kota Sungai Penuh akan mengalami banjir.
BANJIR: Tiap kali hujan, maka beberapa titik jalan di Kota Sungai Penuh akan mengalami banjir. [GUSNADI/JAMBIEKSPRES]

SUNGAI PENUH - Untuk mengatasi sering terjadinya banjir di Kota Sungai Penuh, ketika musim hujan. Pemkot Kota Sungai Penuh, akan melakukukan normalisasi sejumlah sungai pada Tahun 2018 ini. ‘’APBD Tahun 2018 ini, Pemkot Sungai Penuh akan mengucurkan dana sebesar 3 Milyar untuk melakukan normalisasi sungai, diantaranya, Sungai Batang Merao, Sungai Bungkal, Sungai Batang Sangkir, dan sejumlah sungai lainnya,"  sebut Kabid SDA Dinas PUPR Kota Sungai Penuh, Oktovianus.

Saat ini, akunya, pihaknya baru mengerjakan normalisasi di Sungai Air Sempit. Sedangkan untuk penanganan normalisasi di Sungai Batang Merao, harus melibatkan Pemkab Kerinci dan Pemrov Jambi. Hal ini disebabkan, aliran Sungai Batang Merao melewati Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. "Jika normalisasi hanya dilakukan di Kota Sungai Penuh, maka akan kurang optimal dalam upaya pengendalian banjir," katanya.

Sementara kadis PUPR Kota Sungai Penuh, Martin Kafiasa, mengatakan normalisasi Sungai bukan solusi permanen untuk penanganan banjir yang ada di Kota Sungai Penuh. Hal ini disebabkan posisi Kota Sungai Penuh, yang berada ditengah Kabupaten Kerinci.

(adi)