Hate Speech Menjamur Di Medsos, Jelang Pemungutan Suara Pilkada Kerinci

Kamis, 31 Mei 2018 - 09:20:36 - Dibaca: 5505 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

Kanit Tepiter Polres Kerinci, Iptu Edi Mardi mengakui banyaknya akun abal-abal di Facebook yang menyebarkan isu SARA, ujaran kebencian dan menyudutkan paslon Bupati dan Wakil Bupati Kerinci. Bahkan sejuah ini pihaknya sudah melaporkan 29 akun Facebook dari Cyber Patroli Polres Kerinci ke Polda Jambi.

"Dari 29 akun Facebook yang dilaporkan, 80 persen sudah diblokir jadi sekitar 24 akun. Sedangkan 20 persen masih dalam proses," katanya.

Menurutnya, 29 akun yang telah dilaporkan ini merupakan pantauan tim cyber Polres Kerinci yang terus rajin memantau Medsos. "Hal ini kita lakukan, agar Pilkada Kerinci berjalan aman dan damai," harapnya.

Selain memantau akun Facebook, pihaknya juga melakukan pemantauan akun Instagram, Twitter dan media sosial lainnya.  Tak hanya akun abal - abal, akun resmi milik pribadi juga dipantau. Mulai dari status, komentar serta postingan netizen.

"Tim siber patroli juga melakukan pemantauan terhadap percakapan yang memprovokasi dalam Pilkada Kerinci. Ini tidak saja di momen Pilkada, untuk pilek dan Pilpres tetap dilakukan pemantauan siber patroli," pungkasnya.

(adi)