Anggaran THR Capai Rp 220,09  M

Kantong ASN Makin Tebal, Gaji dan THR Cair dalam 2 Hari

Senin, 04 Juni 2018 - 13:22:37 - Dibaca: 2009 kali

Google Plus Stumbleupon


Infografik THR
Infografik THR / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Ini merupakan kabar gembira bagi semua ASN di lingkup Pemprov Jambi, Pemkab dan juga Pemkot se Provinsi Jambi.

Pasalnya, pemerintah daerah masing-masing akan mencairkan tunjangan bulan ke-14 atau THR bagi para ASN pada mulai hari ini,  Senin (04/06). Lebih gembira lagi, THR cair berbarengan dengan gaji yang memang diterima setiap bulannya.

Data yang berhasil diperoleh koran ini, gaji ke-14 ini paling besar digelontor oleh Pemkab Merangin yang jumlahnya mencapai angka Rp 26 Miliar (M) sementara tunjangan dengan anggaran terkecil adalah Tanjab Barat Rp 13,6 M.

Sedangkan total anggaran untuk keseluruhan gaji ke 14 ini, jumlahnya mencapai angka Rp 220,09  M (Selengkapnya lihat grafis, red). Besaran anggaran ini ditentukan oleh banyaknya ASN di lingkup pemerintah daerah tersebut.

Sementara jika dikalkulasikan untuk ASN golongan III A saja, gaji plus THR, mereka bisa menerima hingga Rp 6-7 juta.

Di Kota Jambi sebanyak 6.349 ASN yang akan menerima THR. Deki Subianda, Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Jambi, mengatakan, anggaran yang disediakan untuk pembayaran THR ASN di Kota Jambi sebesar Rp 26 M. Anggaran itu diberikan kepada 6.349 ASN lingkungan Pemerintah Kota Jambi.

Pembayaran THR berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2018 tentang pemberian THR kepada PNS, TNI, Polri, pejabat negara, penerima pensiun dan penerima tunjangan.

“Besaran THR sesuai dengan peraturan pemerintah. Besarnya satu bulan gaji ditambah dengan tunjangan. Jumlah itu tanpa ada potongan,” katanya.

Masih kata Deki, THR dicairkan Selasa (5/6). Besok (4/6), DPKAD masih proses mempersiapkan gaji bulan Juni. “Kita bayarkan gaji dulu, lalu pada Selasa baru kita cairkan yang THR. Untuk pencairan THR juga kita menunggu pengajuan dari OPD masing-masing,” imbuhnya.

Ditambahkan Sekretaris Daerah Kota Jambi, Budidaya, besaran THR ASN berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini lebih besar karena ditambah tunjangan. “Kalau tahun lalu kan gaji saja. Tahun ini ditambah tunjangan. Jadi lebih besar. Ini akan langsung dicairkan melalui DPKAD,” katanya.

Sekda juga meminta agar ASN benar-benar memanfaatkan gaji tersebut untuk keperluan hari raya. Sehingga para ASN bisa membeli berbagai kebutuhan menjelang hari raya nanti.

“Namanya saja THR, diberikan menjelang hari raya dan kita berharap tentunya ini bisa memenuhi kebutuhan pada saat hari raya nanti,” pungkasnya.

Kapala Badan Keuangan Kabupaten Batanghari M Azan saat dimintai komentarnya kemarin, membenarkan cairnya gaji ke 14 besok (hari ini, red) untuk ANS di Batanghari.

‘‘Dana berjumlah kurang lebih Rp 19,19 Miliar sudah disiapkan pemkab Batanghari untuk tunjangan bulan ke 14,’‘ ungkap Azan.

Lebih jauh Azan mengatakan,tunjangan bulan ke 14 tersebut disalurkan guna membantu semua kebutuhan PNS dalam menyambut lebaran Idul fitri 1439 Hijriah.

‘‘Iya banyak lah peruntukannya. Apalagi ibu-ibu, selain untuk keperluan beli baju anak, beli kue lebaran dan sebagainya juga diutamakan,’‘ sebut Azan.

Saat ditanyakan berapa besaran yang diterima setiap ASN dari tunjangan bulan ke 14? Azan menjelaskan, untuk besaran uang tunjangan yang akan diterima pada masing masing PNS itu bervariasi tergantung golongan.

‘‘Macam macam, ada yang besar menerima ada juga yang kecil,tergantung golongan dan jabatan,’‘ jelasnya.

 Untuk tunjangan bulan ke-13 sambungnya, masih menunggu petunjuk dari pemerintah. Namun menjelang tahun ajaran baru pada bulan Juni-Juli mendatang tunjangan ke 13 akan dicairkan.

‘‘Tunjangan bulan ke 14 dulu yang dikeluarkan. Kemudian baru tunjangan bulan ke 13. Yang jelas tidak lama lagilah,’‘ pungkasnya.

Sementara di Tanjab Timur, jumlah ASN yang menerima THR sebanyak 3.926. Rinciannya, pegawai golongan IV sebanyak 994 orang, golongan III 2.055 orang, golongan II sebanyak 837 orang dan golongan I sebanyak 38 orang. THR yang diterima itu dengan rincian, gaji pokok, tunjangan istri, tunjangan anak dan tunjangan struktural.

‘‘Pemkab sudah menyiapkan dana Rp 15, 8 M untuk THR ASN Tanjabtim dengan jumlah ASN 3.926,’‘ ujar  Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) melalui Kabid Keuangan, Reza Pahlevi. 

Anggaran yang disiapkan Pemkab Tanjabtim ini hanya untuk ASN dan tidak ada anggaran THR PHTT. ‘‘Anggaran ini khusus untuk ASN dan PHTT tidak dianggarkan,’‘ ungkapnya.

Sedangkan untuk mekanisme pencairan Reza Pahlevi mengatakan, dengan melakukan transfer melalui bank seperti halnya dengan pembayaran gaji setiap bulan. ‘‘Untuk pencarian nya melalui rekening bank dengan transfer langsung ke pegawai yang bersangkutan,’‘ imbuhnya.

 (rza/oni/hfz)