Nilai Ekspor Jambi Naik, Sektor Tambang Penyumbang Terbesar

Rabu, 06 Juni 2018 - 09:53:58 - Dibaca: 1509 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

          Sedangkan pergerakan turunnya nilai ekspor dapat diamati ke beberapa negara seperti Thailand, Perancis,  Inggris,  China,  Australia dan Taiwan.

‘‘Sampai dengan bulan April 2018 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya menunjukkan bahwa sebagian besar mengalami peningkatan, namun demikian ada beberapa transaksi ekspor dari berbagai negara mengalami penurunan penurunan terjadi pada ekspor ke Thailand, China, Jepang dan Amerika Serikat,’‘ sebutnya.

Ia menjelaskan, perkembangan ekspor tiga komoditi utama yang diekspor pada bulan April 2018 yaitu komoditi Migas, komoditi karet dan olahannya serta komoditi batubara. Ekspor terbesar adalah komoditi Migas yang pada bulan ini diekspor ke Singapura. Komoditi karet dan olahannya terbanyak diekspor ke Amerika Serikat, Jepang dan China. Komoditi batu bara terbanyak diekspor ke India,  Thailand dan Cina.

          Sedangkan ekspor Jambi ke tiga negara utama berdasarkan komoditi yang diekspor Pada bulan April 2018. Jumlah ekspor ke tiga negara mencapai 64,34 persen dari total ekspor. ‘‘Ekspor terbesar adalah ke negara Singapura sebesar 51,61 persen dengan komoditi utama yaitu komoditi Migas, komoditi pinang serta komoditi pulp dan kertas,’‘ tuturnya.

          Selanjutnya adalah ekspor ke Amerika sebesar 7,31 persen dengan komoditi utama adalah komoditi karet olahan, komoditi kopi,  teh dan rempah,  serta komoditi pulp dan kertas. Sedangkan komoditi terbesar yang diekspor ke Jepang adalah komoditi karet olahan, komoditi minyak nabati,  serta komoditi kayu lapis.