Fasha-Maulana Unggul di PSU, Pemungutan Suara Dikawal Ketat Petugas

Senin, 02 Juli 2018 - 16:32:56 - Dibaca: 4280 kali

Google Plus Stumbleupon


PEMILIH : Para petugas KPPS 16 Kelurahan Simpang III Sipin, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi menghitung hasil pemunguatan suara ulang Calon Walikota Jambi.
PEMILIH : Para petugas KPPS 16 Kelurahan Simpang III Sipin, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi menghitung hasil pemunguatan suara ulang Calon Walikota Jambi. / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Pemungutan suara ulang di TPS 16, RT 17 dan RT 39 Kelurahan Simpang III Sipin, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi telah selesai digelar, siang ini (1/7). Hasilnya pasangan Sy Fasha-Maulana tetap unggul dari pesaingnya pasangan Abdullah Sani-Kemas.

Pasangan nomor urut 2, Fasha-Maulana yang diusung 10 koalisi partai politik mendapatkan 133 suara. Kemudian pasangan nomor urut 1, Abdullah Sani-Kemas Alfarizi memperoleh 77 suara dari 210 pengguna hak pilih.

Proses pemungutan dan penghitungan ini dipantau langsung Komisioner KPU Provinsi Jambi, Ahdiyenti, dan M Sanusi. Tampak pula Panwaslu Kota Jambi dan pihak kepolisan yang juga ikut berjaga.

“Pemilih Kelurahan Simpang III Sipin sesuai DPT ada 493 pemilih. Itu seusai data yang ditetapkan KPU Kota Jambi,” ujar Ismail, Ketua KPPS 16 Kelurahan Simpang III Sipin.

Ismail mengatakan dari semua pengguna hak pilih, tidak ada yang rusak. Semua menggunakan hak pilihnya susuai dengan aturan sah pada kertas suara. "Semua surat suara PSU yang terpakai tidak ada yang rusak,," sambungnya.

Komisoner KPU Provinsi Jambi, M. Sanusi mengatakan PSU dilakukan karena terdapat 8 pemilih yang mengunakan foto copy formulir C6 dan tidak terdaftar pada DPT. Dalam proses pemungutan suara, TPS dibuka dari pukul 7.00 wib hingga 13.00 wib.

“Sesuai dengan PKPU 8 tahun 2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara Pilkada, satu pemilih yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih maka hal tersebut memenuhi unsur untuk dilaksanakannya PSU,” katanya.

Bagaimana dengan rekapitulasi di Kecamatan Kota Baru? Sanusi menyebutkan, sebagian sudah dilakukan rekapitulasi. “Tinggal menunggu untuk masuk ke TPS 16 dan akan langsung dihitung,” katanya lagi.

Lalu berapa presentasi kemenangan tiap pasangan terpilih? Matan Ketua KPU Batanghari ini mengungkapkan, seusai hasil penghitungan cepat yang telah dipublis di website resmi KPU, pasangan nomor 2 diangka 55,7 persen dan pasangan nomor 1 diangka 44 sekian persen. Hanya saja semua itu masih menunggu penghitungan suara dari pada tingkat Kabupaten/Kota.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada warga di RT 17 dan RT 39 TPS 16 iyang telah mau berpartisipasi untuk menggunakan hak pilihnya dalam PSU ini,” tukasnya.

(mg6/aiz)