Tak Beda Jauh denga Quick Count, Pleno PPK Bejalan Lancar

Senin, 02 Juli 2018 - 16:41:31 - Dibaca: 312 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Rekapitulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Kepala  Daerah (Pilkada) Kerinci, Merangin dan Kota Jambi sudah hampir rampung. Ini artinya pemenang kontestasi politik ditingkat daerah itu sudah final dan tinggal menunggu rekapitulasi dan penetapan ditingkat Kabupaten/Kota.

Untuk Kota Jambi baru tujuh Kecamatan yang memaskukan data rekapitulasi ke KPU. Sedangkan 4 Kecamatan belum mengirimkan data soft copy sebagai acuan rekapitulasi ditingkat Kota.

Selanjutnya untuk Kerinci, rekapitulasi juga dilakukan dan hampoir final. Dari 16 Kecamatan hanya tersisa satu Kecamatan yang belum melakukan pleno yakni Keliling Danau.

          Berbeda dengan Kabupaten Merangin hingga kemarin sumua kecamatan sudah merampungkan rekapitulasi. Bahkan surat suara dan kotak suara mulai bergerak untuk rekapitulasi ditingkat Kabupaten.

Dari data yang berhasil di himpun, untuk Kota Jambi pasangan Fasha-Maulana masih unggul. Dimana Abdullah Sani-Kemas Alfarizi mendapatkan 60.220 suara dan Fasha-Maulana memperoleh 80.391 suara dari 7 rekaputulasi kecamatan yang telah menyampaikan datanya.

Begitu pula dengan Kerinci. Dari hasil pleno di 15 Kecamatan masih menempatkan paslon nomor urut 02 Adirozal - Ami Taher sebagai periah suara terbanyak dengan perolehan 52.106 suara.

Diurutan kedua, paslon nomor urut 03 Zainal - Arsal dengan perolehan suara 40.118 dan urutan terakhir paslon nomor urut 01 Monadi - Edison dengan perolehan 39.918 suara.

          Terkahir Kabuapten Marangin yang juga tidak jauh berbeda dengan data desk Pilkada yang di rilis belum lama ini. Dimana pasangan Alharis-Mashuri masih unggul jauh dengan perolehan 84.244 suara. Pasangan nomor urut 2 ini mengalahkan rivalnya, Fauzi Ansori-Sujarmin 37.321 suara dan Nalim-Khafid memperoleh 66.373 suara.

          Komisioner KPU Kota Jambi, Arif Lesmana Yoga mengatakan jika empat kecamatan yang belum measukkan data tiga diantaranya belum menyerahkan hard copy. Namun scan C1 telah disampaikan dan dimasukkan web resmi KPU yang bisa diakses di Kpu.go.id.

“Rekapitulasi yang belum rampung hanya di Kotabaru karena masih melakukan hasil PSU. Kalau yang lain kita masih menunggu soft copy.” ujarnya, Minggu (1/7) kemarin.

 “Insya Allah sore besok (hari ini, red) semua data sudah masuk dan bergerak ke tingkat Kota,” katanya lagi.

          Untuk pleno ditingkat Kota, lanjutnya, pihaknya masih belum menjadwalkan. Namun sesuai tahapan pleno dapat dilakukan dari tanggal 4 hingga 6 Juni mendatang. “Jika sudah masuk, tentu jadwal sudah harus kita tentukan. Yang pasti aturannya jelas,” ungkapnya.

          Komisoner KPUD Kerinci, Kumaini mengatakan, untuk wilayahnya satu Kecamatan yang belum selesai melakukan pleno yakni Kecamatan Keliling Danau. Dari laporan yang diterimanya, hingga pukul 20.00 wib malam, masih tersisa 9 Desa lagi di Kecamatan Keliling Danau yang belum dilakukan pleno, dengan target hingga pukul 24.00 wib malam. "Kita target hingga pukul 12.00 malam, sudah tuntas," ungkapnya.

Setelah ini, sambung Kumaini, pihaknya akan melakukan pleno tingkat Kabupaten pada tanggal 4 sampai 6 Juli nantinya. "Kita berharap, hingga pleno ditingkat Kabupaten nantinya berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan sehingga Pilkada berjalan aman dan damai," ucapnya.

Ketua KPU Merangin, Iron Syahroni menyebutkan pleno ditingkat PPK secara keseluruhan telah rampung. Sehingga pada 4 Juli, pihaknya akan menggelar pleno ditingkat kabupaten.

"Kalau pleno ditingkat PPK sudah semuanya seluruh Kecamatan pada Sabtu 30 Juni kemarin, tiggal lagi pleno ditingkat Kabupaten yang berdasarkan tahapan akan kami lakukan sekitar 4 sampai 6 Juli 2018," tukasnya.

(aiz/adi/wwn)