Empat Desa di Tanjabtim Bebas Blank Spot

Sabtu, 07 Juli 2018 - 11:39:34 - Dibaca: 503 kali

Google Plus Stumbleupon


Hermantoni, MM - Kepala Diskominfo Tanjabtim
Hermantoni, MM - Kepala Diskominfo Tanjabtim / Jambi Ekspres Online

MUARASABAK - Kadis Kominfo Tanjabtim, Herman Toni, mengatakan tahun ini Desa Sungai Tawar, Sungai Beras, Pangkal Duri, dan Nibung Putih, akan dibangun tower. Untuk jumlah area blank spot ada 34 desa. Diskominfo tidak bisa berbuat banyak, karena pemkab hanya bisa memberikan usulan kepada pemerintah pusat, namun realisasi pembangunan tower sepenuhnya ada ditangan pihak vendor Telkomsel, Idosat.

"Pihakk vendor tentu tidak mau sembarangan membangun tower. Karena ini sifatnya investasi dan tentu harus ada hitung-hitungannnya. Selain itu, untuk melakukan pembangunan tower, pihak vendor juga melakukan survei jangkauan titik koordinat, dan tidak serta merta membangun di setiap desa. Artinya, jika satu wilayah akan bangun tower sejauh mana jangkauannya, dan bisa mengcover berapa wilayah,” jelas Herman

Selain itu, salah satu syarat mutlak agar vendor mau membangun tower telekomunikasi adalah terkait jumlah penduduk di area blank spot itu sendiri. "Yang pasti, desa yang belum ada towernya, saat ini masih dalam tahap survey. Dan survei ini pun bagi desa yang sudah mengajukan proposal permohonan,” pukasnya.

(oni)