Mundur Lebih Gentleman, Dua Kasus Jerat Zumi Zola

Senin, 16 Juli 2018 - 10:14:02 - Dibaca: 2477 kali

Google Plus Stumbleupon


Zumi Zola
Zumi Zola / Jambi Ekspres Online

 

JAMBI - Gubernur Jambi non aktiv Zumi Zola kini tersandera dua kasus yang saat ini sedang ditangani oleh KPK.

Kasus tersebut yakni dugaan gratifikasi yang dalam waktu dekat akan segera ke penuntutan alias disidangkan, sementara satu kasus lainnya, Zola juga sudah ditetapkan sebagai tersangka yakni kasus suap RAPBD Provinsi Jambi 2018.

 

"Kalau pilih mundur sangat gentlemen, itu bentuk mempertanggungjawabkan kesalahan", Prof Bahder Johan - Guru Besar Unja

"Ini menjadi polemik di tengah masyarakat. Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah berkurang", Bayu Anugerah - Ketua HMI Cabang Jambi

"Dengan adanya status non aktiv, tidak akan maksimal dalam merealisasikan janji politiknya", Ramazani Novanda - Ketua PKC PMII Jambi

 

Saat ini, posisi gubernur Jambi masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) yakni Fachrori Umar yang juga merupakan wakil gubernur Jambi. Meski tidak terjadi kekosongan di pemerintahan, namun Fachrori tidak memiliki kewenangan penuh untuk mengelola pemerintahan, sementara jika harus menunggu kasus Zumi Zola inkrah, tentu masih butuh waktu cukup lama.

Wacana agar Zumi Zola legowo dan mengundurkan diri dari posisi gubernur mulai menyeruak, tentu dengan tidak menafikan azaz praduga tak bersalah. Yang jelas, sangat jarang ada kepala daerah yang bisa melenggang bebas setelah menjadi tersangka di KPK, apa lagi dua kasus yang berbeda.