Baru 47 Persen Warga Tebo Terdaftar di BPJS

Jumat, 03 Agustus 2018 - 09:55:25 - Dibaca: 906 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARATEBO - Hingga Juni 2018, tercatat baru 153 ribu warga atau 47 persen dari seluruh masyarakat Tebo yang terdaftar menjadi peserta BPJS. Untuk itu, Pemerintah menekankan per 2019 nanti BPJS sudah merata di Tebo. 

‘’Saat ini masih ada sekitar 53 persen atau 172 ribu warga di Tebo yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS.  Namun pihaknya akan terus berusaha hingga akhir tahun nanti dalam meningkatkannya walaupun jauh dari target 100 persen.  Saya pikir, paling tidak dapat mencapai 70 persen hingga akhir tahun nanti," ujar Kepala BPJS Tebo,  Charles. 

Meskipun demikian  pihaknya tetap berupaya dengan upaya jemput bola untuk menekan angka hingga mencapai target. Diakuinya dibanding Kabupaten lain yang masuk dalam BPJS Cabang Muara Bungo,  memang peserta di Kabupaten Tebo yang masih  minim. "Kalau daerah lain sudah di atas 50 hingga 60 persen, kita termasuk paling rendah," kata Charles.

Kepemilikan kartu BPJS Kesehatan bagi masyarakat Tebo masih minim dan belum mencapai target yang diharapkan. Satu diantara faktor penyebabnya  selain ketidaktahuan masyarakat juga ada faktor geografis yang jauh dari kantor BPJS menjadi penyebab rendahnya kepersertaan.

 "Kalau soal sosialisasi,  kita telah berupaya semaksimal mungkin bahkan lebih dari cukup. Saya menilai bahwa masyarakat masih belum menyadari pentingnya kepersertaan BPJS, bahkan masyarakat  banyak yang datang setelah sakit," tandas Carles.

(bjg)