Tahun ini, Pemkab Kerinci Positif Terima CPNS

Jumat, 03 Agustus 2018 - 09:59:21 - Dibaca: 1523 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI – Pemerintah Kabupaten Kerinci, sudah positif menerima CPNS pada tahun 2018 ini. Informasinya, berkas usulan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dinyatakan lengkap oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).

Hal tersebut dikatakan langsung Hadismanto, SP. d.I Kasubbid Pengadaan dan Mutasi BKD Kerinci. "Yang jelas tahun ini Pemda Kerinci menerima PNS. Tadi pagi kita mendapatkan kabar melalui Whap Apps dari Kemenpan berkas usulan sudah lengkap," ujar Hadismanto.

Berapa jumlah formasi yang disetujui Kemenpan?  Menurut dia, jumlah formasi yang diterima oleh Kemenpan sebanyak 200 orang, dan ini sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun tahun ini.

Dijelaskannya, bahwa pelaksanaan test CPNS Kabupaten Kerinci kemungkinan akan digelar di Kabupaten Muaro Bungo. Sebab, daerah tersebut merupakan yang terdekat dengan Kabupaten Kerinci.

”Test ini melalui sistem CAT, di Provinsi Jambi ada dua lokasi yang ditentukan oleh Kemenpan. Pertama di Kota Jambi dan Kabupaten Bungo. Kita memilih yang terdekat, yaitu di Kabupaten Bungo,” terangnya.

Untuk anggaran pelaksanaan test tersebut, BKD akan mengusulkan didalam APBD Perubahan.“Untuk waktu pelaksanaan belum ditentukan dan menunggu jadwal dari Kemenpan. Untuk anggarannya dianggarkan di APBDP 2018 ini. Yang jelas tahun ini Kerinci akan menerima CPNS,“ terangnya.

Sementara itu sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kerinci, Syahril Hayadi, mengungkapkan pemkab sudah mengusulkan jumlah kebutuhan PNS kepada Kemenpan RI. Bahkan, usulan tersebut sudah disampaikan kepada Bupati Kerinci Adi Rozal.

Dia bahkan sudah menyebutkan, usulan CPNS yang diusulkan kepada Kemenpan sebagai berikut. CPNS fungsional ahli guru sebanyak 857 orang, CPNS fungsional ahli kesehatan sebanyak 178 orang. CPNS fungsional ahli umum, sebanyak 863 orang.

“Jumlah yang kita usulkan, semuanya sebanyak 1.898 orang. Dan itu sudah sesuai dengan kebutuhan CPNS di Pemda Kerinci saat ini. Namun, berapa yang disetujui oleh MENPAN kita belum bisa memastikan. Biasanya, yang disetujui sekitar 200 kursi atau bisa lebih dari itu,” terangnya.

Usulan Pemkab Kerinci kepada Kemenpan RI itu sudah sesuai dengan prosedur, sebab, kata dia, usulan itu dilakukan setelah Pemda Kerinci menerima surat resmi dari Kemenpan tentang permintaan jumlah kebutuhan PNS untuk Kabupaten Kerinci.

“Ini sesuai dengan prosedur. Kita mengirimkan kebutuhan CPNS untuk Pemda Kerinci ini setelah adanya surat dari Kemenpan RI, yang meminta supaya kita mengusulkan kebutuhan PNS. Setelah surat usulan ini ditanda-tangani oleh Pak Bupati, kita akan langsung mengirimkan ke Menpan,” terangnya.

Secara terpisah Kadis Pendidikan kabupaten Kerinci, Amri Swarta, mengatakan untuk dinas pendidikan sendiri sudah mengajukan kebutuhan guru ke BKPSDM. Sekitar 700 guru diajukan ke BKPSDM untuk formasi guru SMP, SD dan PAUD. "Ini nanti, kita tunggu berapa yang disetujui pemerintah pusat. Sehingga, yang kita ajukan sesuai dengan kebutuhan guru di Kerinci saat ini," ungkapnya.

(adi)