Kapasitas 5 Ton Air , Satu Dari Empat Heli Bantuan BNPB Sampai di Jambi

Selasa, 07 Agustus 2018 - 11:32:25 - Dibaca: 858 kali

Google Plus Stumbleupon


KAMOV PK32 : Helikopter berjenis kamov PK32 yang dari BNPB pusat sampai di Jambi kemarin (6/8). Helikopter ini akan membantu melakukan pemadaman api di sejumlah titik kebakaran lahan di Provinsi Jambi.
KAMOV PK32 : Helikopter berjenis kamov PK32 yang dari BNPB pusat sampai di Jambi kemarin (6/8). Helikopter ini akan membantu melakukan pemadaman api di sejumlah titik kebakaran lahan di Provinsi Jambi. / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Helikopter bantuan untuk pemadaman Karhutla di Provinsi Jambi  akhirnya sampai sekitar pukul 18.20 WIB di bandara STS Provinsi Jambi yang lama kemarin (6/8).

Sebelumnya, helikopter ini  berada di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Berjenis kamov PK32 yang didatangkan dari BNPB pusat.

Bachyuni Deliansyah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Provinsi Jambi) menyampaikan untuk titik awal pemadaman akan dievaluasi oleh tim pada esok (7/8) pagi.

‘’Sasarannya akan kita evaluasi bersama tim besok (hari ini, red) pukul 08.00 WIB pagi," sampainya.

Hal ini merujuk pada daerah mana yang banyak titik apinya esok (hari ini,red). Untuk volume pemadaman via udara, Bachyuni menyebut tergantung kondisi dilapangan. "Untuk berapa kali pemadaman tergantung kondisi , yang jelas satu kali boom kita ada 5 ton air," ujarnya. 

Selanjutnya untuk kelengkapan kantung pembawa air, Bachyuni menyebut sudah ada di BPBD Provinsi. "Semua sudah lengkap, tinggal lakukan pemadaman saja," sebutnya.

Dirinya menyebut sebenarnya ada 2 helikopter waterboombing lagi dan 1 helikopter patroli. Untuk pilot sendiri didatangkan dari Eropa. "Kita ada 4 pilot dari Ukraina, untuk muatannya sendiri waterboombing muat sebanyak 5 ton air," tandasnya.

(aba)