PKK Muarojambi Gelar Pelatihan 10 Program Pokok PKK 

Rabu, 15 Agustus 2018 - 08:26:55 - Dibaca: 2350 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SENGETI - Guna Memantapkan pelaksanaan 10 program pokok PKK, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Kabupaten Muarojambi pada tahun 2018 ini, TP PKK Muarojambi menggelar pelatihan bagi para kader dari pengurus PKK kecamatan Se Kabupaten Muarojambi 

Pelatihan yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Muaro Jambi pada Selasa (114/8) pagi  kemarin dihadiri langsung Ketua TP PKK Kabupaten Muarojambi Ririn Novianty BBS. 

Dalam kesempatan itu, Ririn Novianty, memberikan apresiasi yang besar terhadap gelaran kegiatan yang tidak hanya memberikan ilmu, namun juga media silaturahmi bersama para kader dari seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Muarojambi  ini. Pelatihan 10 program pokok PKK dikatakannya, merupakan hal yang wajib dilaksanakan sebagai dasar menjalankan organisasi PKK.

PKK merupakan organisasi yang memiliki nilai strategis di masyarakat karena program dan kegiatan yang dilakukan PKK menjadikan keluarga sebagai sasaran utama kegiatannya. Keluarga dihimpun dalam Dasa Wisma sebagai ujung tombak PKK dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK. “Dasa wisma harus menjadi perhatian PKK kecamatan hingga ampung karena ujung tombak PKK ada di Dasa Wisma,”  ungkapnya.

Selain memperkuat keberadaan Dasa Wisma, ujar Ririn Novianty, ada banyak Desa yang memiliki potensi kerajinan yang potensial untuk bisa dikembangkan. Ririn yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mengharapkan kerja sama dengan PKK Kecamatan untuk bisa mengembangkan kerajinan tersebut. Sehingga memiliki nilai jual dan bisa di pasarkan ke luar Muarojambi.  “Banyak kerajinan yang dihasilkan dari Kabupaten yang bisa dikembangkan bersama-sama Dekranasda, sehingga ikut mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut, diisi materi yang disampaikan oleh narasumber bersama perwakilan kelompok kerja (Pokja) TP PKK Kabupaten Muarojambi, memaparkan materi tentang 10 program pokok PKK. Mulai dari penyampaian materi, diskusi kelompok dan praktik menyusun buku administrasi PKK. 

Acara yang dibuka Wabup Muarojambi Bambang Bayu Suseno SP MM MsI, ditutup dengan pemberian hadiah bagi Kader PKK pemenang lomba yang telah diadakan sebelumnya. "Semoga pelatihan ini dapat memeberikan tambahan wawasan kepada seluruh Kader PKK sehingga nantinya dapat di implementasikan di kehidupan sosial masyarakat Desa,"harap Wabup BBS.

(era)