Merangin Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90, Dimeriahkan Kirab Merah Putih

Senin, 29 Oktober 2018 - 13:25:37 - Dibaca: 1497 kali

Google Plus Stumbleupon


Wabup Merangin H Mashuri, Forkopimda dan seluruh peserta upacara ikuti Kirab Merah Putih
Wabup Merangin H Mashuri, Forkopimda dan seluruh peserta upacara ikuti Kirab Merah Putih / Jambi Ekspres Online

Bangko-Kabupaten Merangin kemarin (28/10), memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90. Acara difokuskan pada upacara pengibaran bendara yang berlangsung khidmat di halaman depan Kantor Bupati Merangin.

Upacara tersebut diikuti barisan dari TNI, Polri, Satpol PP, Perhubungan, Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Korpri, Pramuka, Pelajar dan para pemuda pemudi berpakaian adat Bhinneka Tunggal Ika.

Tampil sebagai Inspektur upacara yang dihadiri Forkopimda Merangin, Ketua MUI Merangin H Satar Saleh dan pejabat di jajaran Pemkab Merangin itu, Wakil Bupati (Wabup) Merangin H Mashuri.

Pada pengarahannya wabup membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI) Imam Nahrowi. Dikatakan wabup, peringatah Hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’.

‘’Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang beraklak mulia,’’ujar Wabup.

Tentunya lanjut wabup, generasi muda itu harus sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, tanggungjawab, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam perangkat negara kesatuan RI.

Menariknya usai upacara dilakukan kirab ‘Merah Putih’, dimana seluruh peserta mengibar-ngibarkan bendera merah putih mini ditangannya. Kirab itu diikuti Wabup, Forkopimda, para pejabat dan seluruh peserta upacara.

Perjalanan bersama-sama atau beriring-iringan secara teratur itu, diawali barisan pemuda pemudi berpakaian adat Bhinneka Tunggal Ika, Wabup bersama Forkopimda dan para pejabat, barisan TNI, Korpri, Pelajar, diikuti perserta lainnya.

Kirab itu menempuh rute dari halaman depan Kantor Bupati  Merangin menuju jalur dua depan Kantor Bupati, lalu melewati Gedung Kejari Merangin, lanjut ke jalur tiga depan STKIP dan finish di bawah Jembatan Layang Bangko.

(teguh/humas)