Wilayah Luhak 16 Bisa Jadi Kabupaten Baru

Bupati Ajak Semua Suku Bersatu Bangun Merangin

Minggu, 14 Oktober 2018 - 13:07:22 - Dibaca: 972 kali

Google Plus Stumbleupon


Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H Mashuri serius membaca buku sejarah Luhak 16
Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H Mashuri serius membaca buku sejarah Luhak 16 / Jambi Ekspres Online

Bangko-Semua suku daerah yang ada di Kabupaten Merangin harus bersatu dan bersinergi, ikut serta membangun Bumi Tali Undang Tambang Teliti, sehingga Merangin pada 2023 nanti menjadi kabupaten terbaik di Sumatera.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Hari pada acara Syukuran Luhak 16 yang berlangsung di Lapangan Desa Guguk Kecamatan Renah Pembarap pada Sabtu (13/10).

Bupati yang berdiri bersama Wabup H Mashuri di depan ratusan warga menegaskan, saat ini semua elemen harus kerja cepat untuk mengejar ketertinggalan Merangin dari daerah lainnya.

‘’Pak Wakil Bupati ini meskipun sudah sepuh, namun langkah kerjanya luar biasa, sebentar menghadiri acara di Kota Bangko, sebentar lagi sudah berada di desa terpencil bersama masyarakat,’’ujar Bupati.

Bupati menegaskan Desa Guguk nanti akan menjadi desa percontohan. Sebab di desa itu akan dibangun bendungan dan irigasi raksasa. Selain itu nanti akan dibangun jalan dari Desa Guguk ke Desa Air Batu sepanjang tiga kilometer.

Pada kesempatan itu, bupati minta kepada para tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat, memberikan masukan dan saran, terkait pembangunan Kabupaten Merangin kedepan.

‘’Beri kami, tunjuk aja dan tunjuk sapo. Mungkin ada langkah yang salah atau tidak tepat mohon untuk diingatkan, supaya kalau berjalan ada petunjuk arah yang benar,’’pinta Bupati dibenarkan Wabup H Mashuri.

Terkait akan diterbitkannya buku sejarah Luhak 16, bupati minta kepada panitia penyusun buku itu untuk menyempurnakan lagi kandungan isi buku itu dan dilengkapi lagi isinya, supaya  sejarah tidak keliru di kemudian hari.

Menariknya pada acara itu, wilayah Luhak 16 yang terdiri dari tujuh kecamatan, Jangkat, Jangkat Timur, Lembah Masurai, Muara Siau, Tiang Pumpung, Pamenang Selatan dan Renah Pembarab, bisa menjadi wilayah kabupaten pemekaran baru.(teguh/humas