H Al Haris Lepas Jalan Santai Puncak Peringatan HKN ke-54

Bupati: Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Minggu, 25 November 2018 - 21:24:44 - Dibaca: 1461 kali

Google Plus Stumbleupon


Bupati Merangin H Al Haris menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Puskesmas Bangko sebagai terbaik pencapaian pencegahan penyakit tidak menular
Bupati Merangin H Al Haris menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Puskesmas Bangko sebagai terbaik pencapaian pencegahan penyakit tidak menular / Jambi Ekspres Online

Bangko-Sekarang ini dari 24 kecamatan di Kabupaten Merangin, semuanya sudah mempunyai Puskesmas. Bahkan ada bebeapa kecamatan yang memiliki dua Puskesmas di wilayahnya

Untuk itu layani kesehatan masyarakat dengan optimal dan tingkatkan terus derajat kesehatan masyarakat. Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris pada acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional kemarin (25/22).

Pada acara yang berlangsung di halaman Dinas Kesehatan Merangin itu, bupati menegaskan dari hari kehari  persoalan kesehatan menjadi persoalan serius yang harus segera dituntaskan. ‘’Selamat Hari Kesehatan Nasional,’’ujar Bupati.

Para medis Puskesmas lanjut bupati, harus mampu menjiwai kinerjanya dengan penuh keikhlasan, guna meningatkan derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan prima yang diberikan harus dibarengi dengan senyum dan ramah tamah.

‘’Tenaga Kesehatan Sukarela (TKS) Dinas Kesehatan Merangin sekarang ini mencapai sekitar 300 orang. Nasib mereka ini harus dipikirkan, bagaimana bisa diangkat menjadi tenaga kontrak,’’terang Bupati.

TKS tersebut diakui bupati sangat berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tidak jarang medis yang bertatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) terlalu banyak memberi tugas ke tenaga TKS.

Kondisi itu sehingga membuat medis PNS menjadi bermalas-malasan dalam melakukan kerjanya, karena mengandalkan TKS. Hal ini tegas bupati, hendaknya jangan sampai terjadi lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Merangin Solahudin menerangkan, HKN jatuh pada tanggal 12 November 2018, namun acara puncaknya kemarin (25/11) diwarnai dengan berbagai lomba.

‘’Penyalit menular perlu diantisipasi. Puskesmas akan terus melakukan inovasi-inovasi baru pelayanan kesehatan lansia. Ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyaakat,’’ujar Solahudin.

Pada puncak peringatan HKN ke-54 tersebut, bupati melepas gerak jalan santai dan menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Puskesmas yang mencapai pengendalian penyakit tidak menular. Terbaik pertama diraih Puskesmas Bangko.

Puskesmas Meranti diperingkat kedua dan ketiga Puskesmas Rantau Panjang.

Sedangkan Puskesmas teladan pertama diraih Puskesmas Meranti, teladan kedua Puskesmas Muara Delang dan teladan ketiga Puskesmas Simpang Limbur.

(teguh/humas)